Palm Stearin PT Naga Mas Tumpah serta mencemari Laut Dumai

Dumai(cMczone.com) – Palm Stearin milik PT Naga Mas di Kawasan PT Pelindo I Dumai, Riau, tumpah dan mencemari Laut Dumai, Jumat (28/7/2017) pagi. Palm stearin merupakan hasil pemurnian dari Crude Palm Oil (CPO) yang dilakukan secara fraksionasi, kristalisasi dan pemisahan untuk mendapatkan fraksi bahan padat (stearin) dan bahan cair (olein) dari minyak sawit (CPO, red).

pekerja dari PT Naga Mas mengumpulkan tumpahan Palm Stearin tersebut menggunakan ember. Tumpahan tersebut semakin meluas mencemari laut Dumai.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dumai, Satrio Wibowo kepada GoRiau.com mengatakan, bahwa pihaknya sudah menurunkan tim ke lokasi tumpahan minyak tersebut.

Baca Juga :   Perbuatan yang dilakukan Pihak PT.Clipan Finance Indonesia, Tbk Cabang Bangka Belitung MURNI Tindakan PIDANA

“Saat ini staf kita sudah di lapangan untuk mengambil contoh air dan minyak yang tumpah untuk dilakukan pemeriksaan di laboratorium. Namun, karena orang ramai di lokasi tumpahan, menjadi kendala untuk mengambil contoh,” ujarnya.

Lanjutnya, tumpahan Palm Stearin tersebut diketahui dari tangki ke tangki. Namun, pihaknya belum bisa memberikan keterangan penyebab terjadinya tumpahan minyak tersebut.

“Sejak kapan mereka (perusahaan, red) ini memproduksi palm stearin. Kita juga akan memeriksa hal ini. Palm stearin merupakan bahan baku pembuat mentega,” pungkasnya.

Sebelumnya, pada 26 Juni 2016, Crude Palm Oil (CPO) PT Naga Mas tumpah ke Laut Dumai karena pipa penghubung dari tangki ke tangki pecah. Sehingga menyembur keluar dan mencemari Laut Dumai.

Baca Juga :   Relawan Muslimah Milenial Siap Menangkan SAFARI

Hingga berita diterbitkan proses penyelidikan masih dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Dumai.