Tertangkap kamera, SUV Esemka Garuda 1 Muncul Di Jalan

Esemka Garuda 1 (Foto: dok: istimewa)

Jakarta,(cMczone.com) – Model Sport Utility Vehicle (SUV) Esemka tertangkap kamera tanpa kamuflase berada di atas truk di sebuah jalanan di Indonesia.
Kalau dilihat secara detail, mobil besutan Esemka yangt diberi nama Garuda 1. Namun bila ditelusuri, platform Esemka Garuda 1 tersebut sama dengan SUV asal China yakni Foday Landfort.
Dan benar saja, berdasarkan laman resmi Kemenperin, dua pabrikan China Chery Automobile Co dan Guangdong Foday Automobile Co akan bertindak sebagai pembimbing untuk Esemka untuk menjembatani proses alih teknologi dari produsen besar di China ke Indonesia.

Sumber kumparanOTO juga menjelaskan, Esemka Garuda 1 pada tahap pengurusan Surat Persetujuan Impor (SPI) dengan menggunakan skema CKD (Permenperin 34/2017).
Prototipe tersebut dalam rangka pengujian di Kemenhub untuk selanjutnya mengajukan Tanda Pendaftaran Tipe (TPT) Produksi di Kemenperin.
Di negeri asalnya, Foday Landfort tersedia dalam pilihan mesin bensin 2.400 cc dan mein Diesel 1.900 cc juga tersedia dengan penggerak all wheel drive (AWD) dan RWD.

Esemka Garuda 1 (Foto: dok: istimewa)

Mesin bensin 2.400 cc-nya mampu mengeluarkan tenaga sebesar 134 dk pada 5.250 rpm dan torsi 200 Nm pada 2.500 rpm. Sedangkan mesin diesel 1.900 cc-nya mampu memuntahkan tenaga sebesar 134 dk pada 4.000 rpm dan torsi 300 Nm pada 1.800 rpm yang keduanya dikawinkan pada transmisi manual 5 percepatan.
Hingga berita ini diturunkan, kumparanOTO masih coba menghubungi ke PT Adiperkasa Citra Esemka Her (ACEH) untuk mengonfirmasi soal mobil yang akan diproduksi tahun ini.
PT (ACEH) merupakan gabungan dari PT Adiperkasa Citra Lestari (ACL) dan PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) menjadi pihak yang meneruskan kelangsungan hidup merek Esemka.(kumparan)