Dinkes Tanjungpinang Bersama Balai POM Batam Lakukan Pengawasan Makanan Takjil Ramadhan

Tanjungpinang,(cMczone.com) – Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang bersama balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kota Batam melakukan pengawasan penjualan makanan takjil.
Pengawasan dilakukan di sore hari mulai Selasa 22 hingga 24 Mei 2018 ini dilaksanakan di pusat jajanan takjil berbuka kompleks Pilnang Mas, seberang Hotel Aston, depan SPBU Batu10, dan Jalan Ganet, sedangkan Rabu 23 Mei pada pagi akan melakukan pengawasan di Pasar Baru dan sekitarnya, dan sore hari pemeriksaan di fokuskan ke jalan pemuda dan sekitarnya, Kamis 24 Mei, sore hari sasarannya jalan bali dan jalan gereja.
Kepala Dinkes Kota Tanjungpinang Rustam mengatakan, dalam kegiatan tersebut menerjunkan 13 petugas untuk kegiatan ini dan didukung satu Tim dari Balai POM Batam.
“Kegiatan dilakukan meliputi edukasi kepada para pedagang, pengawasan higiene dan kebersihan penjaja dan lingkungan lokasi penjualan makanan jajanan serta pengambilan dan pemeriksaan sampel makanan di tempat,” ucap Rustam
Untuk sorenya dilanjutkan pengawasan makanan jajanan /takjil berbuka yang dijajakan di Jalan Pemuda, Jalan Bali dan Jalan Gereja/Belakang KFC.
Pemeriksaan sampel makanan terutama adalah melalui pengujian boraks, formalin, rodamin dan metilen. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat memastikan makanan jajanan yang dijajakan aman dan masyarakat terlidungi dari kemungkinan dampak makanan jajanan yang tidak aman dan tidak sehat.
“Edukasi akan dilakukan secara interaktif dengan para pedagang dari lapak ke lapak meliputi Pemilihan bahan makanan, cara pengolahan, penggunaan bahan tambahan makanan termasuk pengawet, pewarna, pemanis dan sebagai nya, penyajian makanan yang aman termasuk dengan menutup, menghindari gangguan lalat, kebersihan diri para penjaja makanan, pengelolaan sampah dan pemakaian kantong pembungkus yang benar,” tambahnya.
Parameter yang diuji berupa Rhodamin b, methalin yellow, borax dan formalin. Untuk pasar yang diambil sampelnya berupa bahan baku masakan seperti bakso, tahu dan mie.(Donny/tim)

Baca Juga :   Kereta Bandara Ketiga di Indonesia Diresmikan Presiden