Peringati Hari Kelahiran Pancasila, Jajaran Polres Kampar Laksanakan Upacara.

Kampar, (cMczone.com) – Dalam rangka memperingati hari kelahiran Pancasila, Jajaran Polres Kampar melaksanakan Upacara di lapangan Polres Kampar Jum’at (1/6/2018).

Sebagai Inspektur upacara dipimpin oleh Waka Polres Kompol B.E Banjarnahor yang mewakili Kapolres Kampar, Perwira Upacara Kasat Sabhara AKP Al Imran, Komandan Upacara Ipda Budi Surtiono dan diikuti Pejabat Utama Polres Kampar, seluruh Perwira serta segenap anggota Polri dan ASN Polres Kampar.

Upacara tersebut diisi dengan Tema “Kita Pancasila, Bersatu, Berbagi, Berprestasi”. Upacara diawali Pengibaran Bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan mengheningkan cipta dan pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara ditirukan seluruh peserta upacara serta Pembacaan Teks Pembukaan UUD 1945.

Baca Juga :   Aspotmar Danlantamal IV Hadiri Serbuan Vaksin TNI bersama Walubi

Dalam amanatnya Waka Polres Kompol B.E Banjarnahor membacakan sambutan tertulis Presiden RI pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2018, mengatakan, Sebentar lagi kita akan merayakan HUT Kemerdekaan RI yang ke-73 dan selama 73 tahun pula Pancasila sudah menjadi Bintang Pemandu Bangsa Indonesia, yang bertahan dan tumbuh ditengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya.

Selama 73 tahun pula Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhinneka Tunggal Ika yang InsyaAllah sampai akhir zaman Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia.

Pancasila merupakan berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita melalui para Founding Fathers Indonesia, dan pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945 dimana Pancasila telah berperan sebagai falsafah serta dasar negara yang kokoh sebagai fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Baca Juga :   Kapolda Sumut Turun ke Dairi Pastikan Demokrasi Tingkat Desa berjalan Kondusif

Mengakhiri sambutannya Presiden RI mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian kita, semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju Negara yang maju dan jaya.

Upacara ini berjalan dengan khidmat dan berakhir pada Pukul 08.45 WIB, seluruh rangkaian upacara berlangsung dengan aman, tertib dan lancar.***(Asril).