Cegah Narkoba PPM dan D’win Fondation Bentuk Tim Satgas.

Bangka Belitung, (cMczone.com)– Bahaya narkoba saat ini dianggap sangat memprihatinkan. Walaupun sudah banyak ‘gembong’ dan pengedar narkotika yang ditangkap bahkan dipenjara, tetapi peredaran narkoba sepertinya susah untuk dicegah dan ditanggulangi.

Dalam upaya tindak pencegahan kejahatan narkoba pun justriu membutuhkan kerjasama yang sangat serius, baik dari pemerintah serta peran aparat maupun kita sebagai masyarakat berbagai elemen dalam rangka penanggulangan dan pencegahan bahaya narkoba ini.

Seperti halnya yang dilakukan pihak organisasai Pemuda Panca Marga (PPM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) saat ini telah melakukan kerja sama dengan pihak D’Win Fondation Cabang Pangkalpinang dalam upaya melakukan tindak pencegahan terhadap bahaya narkoba di daerah.

Kesepakatan kerja sama tersebut ditetapkan di sela-sela kunjungan para pengurus PPM Babel ke kantor sekretariat D’Win Fondation cabang Pangkalpinang yang terletak di kawasan perumahan Cluster Anggrek, Tanjung Bunga, Air Itam Kota Pangkalpinang, Sabtu (30/6/2018).

Baca Juga :   Rangkul Seluruh Elemen, Sahabat AIP Siap Menangkan Calonnya di Pileg 2019

Tak sekedar itu, pihak PPM maupun D’Win Fondation menyatakan sepakat jika dalam waktu dekat ini akan membentuk tim khusus (timsus) atau tim anggota satuan tugas (satgas) anti narkoba.

Dalam kesempatan itu wakil ketua I Markas Daerah PPM Babel, Ryan Augusta Prakasa S Sos menegaskan jika pihaknya sejak dulu hingga sekarang tetap komit menyatakan ‘perang’ terhadap narkoba maupun sejenisnya.

“Organisasi kita (PPM — red) sejak dulu hingga sekarang tetap komit perang terhadap narkoba dan barang haram sejenisnya. Sebab narkoba musuh kita bersama bahkan musuh bangsa. Jadi jauhi narkoba dan jangan pernah mencoba!. Dan bagi pecandu segeralah bertobat,” tegas Ryan di hadapan para pecandu napza di sela-sela kegiatan kunjungan pengurus PPM Babel ke yayasan rumah rehab napza D’Win Fondation Pangkalpinang.

Baca Juga :   Polri Akan Selalu Memberikan Yang Terbaik Untuk Melindungi Masyarakat Dari Ancaman Dan Gangguan Kamtibmas

Bahkan menurutnya kejahatan narkoba itu justru sangat rentan mempengaruhi masyarakat termasuk remaja maupun para generasi muda lantaran hal itu dikarenakan
adanya rasa ingin mencoba narkotika.

“Jadi berawal dari mencoba inilah merupakan pintu masuk pertama dan penyebab kalangan muda terjerumus dalam pengaruh dampak negatif penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang ini yang membahayakan kesehatan pada nantinya,” terangnya.

Hal senada pula diungkapkan pengurus PPM lainnya, Amir Hamzah. Bahkan ia pun sempat mengingatkan khususnya bagi para pecandu napza yang saat ini dirawat di rumah rehab D’Win Fondation Pangkalpinang agar tidak lagi menjadi pengguna narkoba.

“Yang terpenting tanamkan di dalam hati saudara-saudara untuk tidak lagi mengulangi lagi perbuatan yang merugikan kalian dan mari hidup sehat,” kata Amir.

Baca Juga :   Kunjungan Kerja ke Sumbar, Presiden Jokowi Resmikan KA Bandara Minangkabau

Sebaliknya Sapta Qodria Muafi SH berharap agar para pecandu napza usai mejalani rehab di rumah rehab tersebut (D’Win Fondation) nantinya 6dapat melakukan hal-hal yang positif di tengah masyarakat.

“Ukir prestasi kalian dengan karya positif. Sebab harapan cemerlang masih ada di hari esok,” pesan Sapta yang juga selaku pengurus di jajaran Markas Daerah PPM Babel.

Sementara ketua D’Win Fondation Pangkalpinang, Devi Yulianto memberikan apresiasi positif terhadap pihak pengurus PPM Babel yang mau bekerja sama dengan pihaknya dalam upaya tindak pencegahan kejahatan narkoba di daerah Babel.

“Sebenarnya kita sudah lama dapat bekerja sama dengan pihak PPM Babel karena eksistensi PPM saya perhatikan kerab melakukan kegiatan-kegiatan yang positif. Saya harapkan pula dari kolaborasi ini setidaknya dapat meminimalisir angka kejahatan narkoba di Babel,” harapanya.**