Penari Kepri Bawa Pulang 4 Piala di Parade Tari Nusantara.

Tanjungpinang, (cMczone.com) – Provinsi Kepri boleh berbangga diri. Sanggar Seni Sanggam yang mewakili Kepri pada ajang Parade Tari Nusantara 2018 yang ke-37, berhasil meraih gelar Penyaji Terbaik se-Sumatera.

Sanggar Seni Sanggam membawakan tarian bertajuk Perkawinan Atas Gelombang, dengan penata tari oleh Sunardi tersebut membawa pulang empat piala.

Pepy Chandra yang merupakan Pembina Pusat Latihan Seni Sanggam mengatakan tarian tersebut menceritakan adat perkawinan suku laut di kepulauan riau yang memiliki tahapan prosesi adat yang dulunya harus dilalui bagi seorang pria saat akan menikahi perempuan suku laut, katanya.

Kemudian prosesi ini akan dilanjutkan dengan berhanyut dan berkayuh ketengah laut yang menandakan bahwa pasangan ini siap menempuh arus kehidupan. Jika sampai ke pulau yang ditentukan maka sah sebagai suami istri.

Baca Juga :   Formasi Riau Kecewa Kunjungan Kapolri, KLHK dan Panglima TNI Di Riau

“Pola gerak inang dan joget menjadi dasar pijakan pengembangan gerak pada karya ini,” tambah Pepy.

Untuk tarian tersebut Kepri juga meraih gelar Penata Tari Unggulan. Musik yang diaransemen oleh Adi Lengkepin dan Ryan juga meraih gelar Penata Musik Unggulan.

Adapun penari tersebut Aldy, Ryan, Halim, Zulkarnaen, Hery, Saskia, Deby, Oja, Sari, Nadia dan Indah juga berhasil membawa Kepri termasuk dalam 13 Penyaji Terbaik. Sanggam terpilih mewakili Kepri yang sebelumnya melalui seleksi.(Donny/tim)