Heboh Muncul ‘4 Matahari’ di Kepri, Fenomena Apa yang Sedang Terjadi?

Pekanbaru,(cMczone.com) – Sebuah video penampakan matahari viral di media sosial. Matahari sebagaimana dalam video tersebut seakan-akan tidak hanya satu, tapi terlihat ada di beberapa titik. Fenomena apa ini?

Video yang viral itu disebut terjadi di Kepulauan Riau. Dalam video, tampak warga heboh menatap langit. Tak sedikit warga yang juga mengabadikan fenomena matahari yang seolah-olah ada empat itu.

Peneliti Sains Atmosfer Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Erma Yulihastin mengatakan fenomena matahari sebagaimana tergambar dalam video yang viral itu dinamakan sun dog. Sun dog merupakan fenomena ketika matahari terlihat lebih dari satu.

Namun, menurut Erma, bukan jumlah matahari yang bertambah, melainkan hanya pantulan sinar matahari. Matahari seolah bertambah karena sinar matahari yang menerobos awan sirus, awan yang mengandung kristal es.

Baca Juga :   Mengganas"Aktifitas PETI Siang dan Malam di Dam Semayo Semakin Merajalela

“Syarat pertama, pembentukan di musim kemarau ketika uap air sangat minim, kering, dan dingin. Kedua, harus ada awannya, awan sirus yang mengandung kristal es sehingga dia yang nantinya berfungsi sebagai restructor sinar matahari sehingga (matahari) bisa tampak menggandakan diri seperti itu,” kata Erma saat dihubungi detikcom, Kamis (11/10/2018).

Erma mengaku kaget melihat fenomena sun dog seperti terlihat dalam video. Sebab, dalam video tersebut jelas terlihat bahwa matahari tampak banyak.

“Sebenarnya, bentuknya juga nggak selalu persis seperti matahari juga, bisa seperti pancaran cahaya yang membaur, bisa juga nggak terlalu jelas mataharinya. Tapi yang beredar kan yang jelas banget, ya, itu mungkin karena posisi matahari itu rendah. Jadi memungkinkan untuk menggandakan diri, terlihat seperti itu,” papar Erma.

Baca Juga :   BNI berikan 200 Juta Untuk Renovasi Islamic Center.

Erma mengatakan fenomena sun dog lebih sering terjadi di luar negeri. “Karena awannya lebih dingin,” tambahnya.

Sumber : Detik News
Editor    : Zulham