Kronologi Aksi Demo Antara Mahasiswa dan Polisi di Kantor KPU

PEKANBARU – Sejumlah mahasiswa Universitas Islam Riau (UIR) menggelar demonstrasi di depan kantor KPU, Jalan. Gajah Mada, Pekanbaru, Senin (20/5/2019).

Aksi Demontran meminta bertemu perwakilan KPU guna mempertanyakan dugaan kejanggalan pada Pemilu serentak 2019 tanggal 17 April.

Mahasiswa kemudian bernegosiasi dengan pihak kepolisian agar diizinkan masuk ke kantor KPU. Polisi mengizinkan sejumlah orang perwakilan yang bisa masuk ke kantor KPU. Namun Massa menolak dan minta agar seluruh pendemo dapat masuk.

Selanjutnya massa aksi mulai memprovokasi dan memepet barisan pleton Polwan, sehingga Pleton Polwan mundur kebelakang dan digantikan dengan pleton Polki.

Dari informasi di rilis Humas Polresta Pekanbaru, Senin (20/5/2019) menyebutkan kronologi Aksi dorong-dorongan mahasiswa dengan polisi. berawal saat sejumlah mahasiswa mendesak agar semua pendemo diizinkan masuk ke kantor KPU Riau.

Baca Juga :   FPII Riau Ucapkan Selamat Dan Sukses Atas Terbentuknya FPII Lampung Utara

Sementara itu, melihat situasi memanas Wakapolresta Pekanbaru AKBP Ari Wibowo. S.I.K melakukan persuasif dengan membolehkan seluruh massa masuk ke dalam kantor KPU Prov. Riau, namun salah satu mahasiswa diduga memprovokasi rekan-rekan agar tidak mendengarkan arahan dari Waka Polresta Pekanbaru.

Namun ketika Wakapolresta hendak merangkul, mahasiswa langsung menepis tangan Wakapolresta Pekanbaru.

Sontak kejadian itu membuat Personil Pam langsung respek mendorong paksa sejumlah mahasiswa hingga terjadi aksi dorong-dorong hingga keseberang jalan.

Usai kejadian tersebut, Massa kembali membentuk barisan di depan pagar kantor KPU Prov. Riau, sekira pukul 10.50 Wib.

Kemudian Wakapolresta Pekanbaru AKBP Ari Wibowo S.IK kembali menerima massa dan memberikan arahan serta menyayangkan terkait aksi massa. Para demontrasi di perbolehkan masuk ke Kantor KPU Prov. Riau dengan dikawal ketat Personil Pers Pam Polri, sekira 10.55 Wib.

Baca Juga :   Sederet Prestasi, Mahasiswa Pascasarjana UNM Terbang Ke Jepang.

Massa aksi melakukan orasi dan pembacaan tuntutan/petisi yang diterima langsung Sekretaris KPU Prov. Riau B. Rudinal, M.Si. dengan memberikan Petisi kepada perwakilan KPU Prov. Riau.

Hingga demontrasi berakhir sejuk dan aman dilanjutkan foto bersama dengan Wakapolresta Pekanbaru dan Perwakilan KPU Prov. Riau (**/red).