Sayangi Jantungku-Jantungmu, Satgas Yonif MR 411 Bangun Generasi Muda Papua Berkualitas Unggul

Jakarta,(cMczone.com) – Menjelang peringatan Hari Jantung Sedunia (HJS) 29 September mendatang, serta untuk mewujudkan generasi muda Papua berkualitas sehat dan unggul, Satgas Pamtas Yonif MR 411 meluncurkan program pola hidup sehat “Sayangi Jantungku-Jantungmu” di SD Inpres Rawabiru Distrik Sota.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif Mekanis Raider 411/PDW Kostrad, Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Merauke, Papua, Selasa (03/9/2019).

Diungkapkan Dansatgas, kegiatan yang dilaksanakan oleh personel Pos Rawabiru tersebut, dilatar belakangi dengan meningkatnya penyakit Kardiovaskular atau serangan jantung yang banyak menyerang generasi muda.

“Pola hidup sehat remaja kita saat ini sangat rentan. Penyakit jantung yang identik dengan orang tua, kini telah merambah kaum remaja akibat kebiasaan merokok maupun makanan _fast food_,” ujar Rizky Aditya.

Baca Juga :   Kapolda Sumut Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat 447 Personil Poldasu

“Ditambah budaya mager atau malas gerak. Berkaitan dengan fenomena itu, anggotanya yang berada di Pos Rawabiru tergerak untuk membudayakan pola hidup sehat sejak usia dini,’’ terangnya.

Hal itu menurutnya penting, karena dengan membiasakan pola hidup teratur dan sehat sejak usia dini akan mengakar kuat, hingga dewasanya nanti.

“Seperti yang dilakukan Bakes (Bintara Kesehatan) Serka Abdul Hanif di SD Inpres (Rawa Biru), diharapkan kedepannya anak-anak ini menjadi generasi muda Papua yang tidak hanya sehat namun juga berkualitas unggul,” tegasnya.

“Prestasi apapun akan dapat diraih, jika kita selalu dalam kondisi sehat dan prima. Untuk itu marilah kita cintai jantung, sebagai sebuah karunia Allah SWT yang harus kita jaga,” Rizky menambahkan.

Baca Juga :   Komisi III DPR Minta Kapolri Tanggung Jawab Terhadap Korban Tewas Terkena Peluru Tajam

Karena diberikan kepada anak-anak, menurut Rizky, jenis kegiatan yang diberikanpun relatif sederhana dan mudah, diantaranya melalui kegiatan senam pagi, pemeriksaan tekanan darah, dan pemberian makanan penambah asupan gizi.

“Jantung merupakan pusat kesehatan tubuh kita, maka kita semua wajib untuk menjaganya, baik dengan mengatur pola hidup sehat maupun berolah raga serta asupan gizi yang baik dan cukup,” tuturnya

Terpisah, Helena Reyaan (Kepala Sekolah SD Inpres Rawabiru) merasa senang dan berterima kasih atas kegiatan yang dilakukan Satgas kepada anak didiknya, karena menurutnya tidak hanya mengajarkan tentang kesehatan, namun juga melatih disiplin dan pengendalian diri, khususnya untuk menjalani hidup sehat. (Dispenad/Red)