Kabupaten Bengkalis Siap Berpartisipasi Memeriahkan Karnaval Kebudayaan Provinsi Riau Tahun 2019

Bengkalis ( cMczone.com ) – Kabupaten Bengkalis siap berpartisipasi memeriahkan Karnaval Kebudayaan Provinsi Riau tahun 2019 di Pekanbaru, Sabtu 19 Oktober 2019.

Even yang ditaja Pemerintah Provinsi Riau sempena menyambut peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019.

Untuk memastikan kesiapan keikutsertaan Kabupaten Bengkalis pada even yang menggambil tema “Merangkai Budaya dalam Bingkai NKRI, Bersatu Kita Maju , Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkalis H Bustami HY menggelar rapat bersama Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Parbudpora) dan instansi terkait.

Menurut Bustami HY, Karnaval Kebudayaan Riau tahun 2019 bakal diikuti 12 kabupaten/kota ini bertujuan untuk memotivasi generasi milenial dalam mempertahankan dan mengembangkan seni budaya Riau.

Baca Juga :   Tinjau Banjir Madina dan Serahkan Bantuan, Edy Rahmayadi: Alhamdulillah Sudah Surut

Sebagaimana tema yang diusung, bertujuan untuk membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan, serta kesetikawanan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) khususnya Bumi Lancang Kuning.

“Insyaallah kita siap berpartisipasi dan menyukseskan Karnaval Kebudayaan Riau 2019. Pada even ini, Bupati Bengkalis Bapak Amril Mukminin beserta sang isteri (ibu Kasmarni), juga dipastikan ikut,” ungkap Bustami HY.

Pada even Karnaval Kebudayaan Riau tahun 2019, Kabupaten Bengkalis akan mengusung tema ketangguhan pejuang kebanggaan Negeri Junjungan, membawa 1 unit mobil hias “Koto Berjalan” kendaraan Laksamana Raja Diraja Laut.

“Sesuai ketentuan setiap kabupaten/kota diharuskan membawa 1 unit mobil hias berukuran panjang 5 meter dan tinggi 3 meter. Saat ini, perahu hias Kabupaten Bengkalis tengah dikerjakan oleh tim yang sudah berada di Pekanbaru,” ungkap Bustami HY.

Baca Juga :   Upacara Virtual Personil Polsek Kumpeh Ilir di Mapolsek Kumpeh Ilir dalam rangka Memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 76

Sementara itu Anharizal menambahkan selain mengusung ketangguhan Datuk Laksamana Raja Dilaut, Kabupaten Bengkalis juga akan menampilkan kompang kreasi dari kelompok Kompang Sebauk, rombongan pakaian adat yang mewakili Kabupaten Bengkalis.

Tak ketinggalan juga sepasang Bujang dan Dara Kabupaten Bengkalis ikut berpartisipasi dalam even ini.

Adapun rute yang bakal dilalui dalam Karnaval Kebudayaan Riau 2019, Jalan Gajah Mada, Jalan Diponegoro, Jalan Kartini, Jalan Sudirman dan kembali ke Jalan Gajah Mada.

Rapat dihadiri Kepala Dinas Parbudpora Anharizal, Sekretaris Dinas Parbudpora Andris Wasono, Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Adi Sutrisno, Kabid Angkutan dan Pemadu Moda, Dinas Perhubungan, Fahrizal dan beberapa instansi terkait.

Sebelum menutup rapat, Sekda Bustami juga menyampaikan bahwa Marching Band (MB) Andam Dewi Bengkalis diundang khusus untuk tampil memeriahkan carnaval budaya tersebut.

Baca Juga :   Fun Bike Digelar Polda Sumut dan Kodam I BB Meriah

“Marching Band yang ikut serta hanya dua yakni Marching Band Andam Dewi  dan Marching Band Kabupaten Siak,” tutup Bustami.*