Irjen Pol Agung: Sosok Almarhum Adalah Sosok yang Menginspirasi

Pekanbaru ( cMczone.com ) Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi SH SIK MSI mengatakan sosok Bripkda (ANM) Hendra Saut Parulian Sibarani, personil Brimob Polda Riau yang gugur saat menjalankan tugas di Kota Dekai Polres Yahukimo adalah sosok yang menginspirasi.

Hal ini dikatakan oleh Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi kepada media seusai upacara pemakaman di Taman Makam Bahagia Kota Pekanbaru tadi pagi (22/12/2019). “Bripka (ANM) Hendra Saut Parulian Sibarani adalah pahlawan bagi kami. Dan almarhum adalah sosok yang menginspirasi” ujar Agung.

Dalam penjelasannya, Agung mengatakan bahwa Bripka (ANM) Hendra Saut P Sibarani tergabung dalam pasukan Operasi Aman Nusa-1, BKO Polres Yahukimo Polda Papua. Almarhum gugur saat menjalankan tugas, semangat dan dedikasi almarhum sangat menginspirasi. Itu memberikan semangat bagi kami di Polda Riau agar bisa berbuat lebih dari yang bersangkutan untuk bangsa dan negara ini, ujar Agung.

Baca Juga :   Pamitan Kembali, Satgas Indo RDB MONUSCO Terima AK-47l

Agung juga mengatakan sebagai penghormatan pada almarhum, Polda Riau telah memberikan tali asih berupa sebuah rumah kepada ahli waris atas dedikasinya selama berdinas di Brimob Polda Riau. Tali asih ini diberikan secara simbolis kepada keluarga almarhum dan diterima oleh isteri almarhum di ruang kerja Kapolda Riau, sebelum upacara pemakaman dilaksanakan. Pada kesempatan ini, Kapolda juga menyebutkan bahwa masih ada pasukan BKO Polres Yahukimo yang berasal dari Polda Riau.

“Jumlahnya sekitar tiga ratusan personil Brimob Polda Riau. Dan karena kondisi di Papua sudah aman direncanakan akan kembali ke Polda Riau pada tanggal 28 dan tanggal 30 Desember nanti” ujar Agung. Agung menjelaskan tentang kembalinya pasukan Brimob Polda Riau dalam dua gelombang ini karena alasan telah selesai melaksanakan tugas dalam Operasi Aman Nusa -1. Ketika ditanya tentang pengusutan kasus gugurnya Bripka (ANM) Hendra Saut Parulian Sibarani, Agung mengatakan bahwa penanganan kasusnya berada di Polres Yahukimo Polda Papua.

Baca Juga :   Perkara Pencatut Nama Aroma Cempaka, Fikri Riza : Tegaknya Keadilan Bagi Pemegang Merek

Dalam kesempatan terpisah, Kompol Rivana, Kabag Ops Sat Brimob Polda Riau selaku atasan dari Bripka (ANM) Hendra Saut P Sibarani mengatakan bahwa almarhum Hendra adalah sosok periang. Ia dikenal dekat dengan rekan rekannya di Sat Brimob karena sifat sifatnya yang gampang akrab dan selalu ramah dalam bergaul.

“Kepada Atasan, almarhum itu selalu menunjukkan sikap yang hormat. Kepada juniornya di Sat Brimob, ia adalah sosok yang perhatian dan jadi tempat bertanya bagi adek adek letingnya. Itu karena ia memiliki sifat yang ramah, karena itu juga semua juniornya dekat dengannya” ujar Rivana selaku atasan almarhum.

Rasa kehilangan tentu dirasakan juga oleh keluarga almarhum. “Kami sudah pasti merasa berduka. Kami merasa kehilangan atas gugurnya keponakan kami ini di medan tugas. Semoga almarhum mendapat tempat yang layak disisinya” ujar keluarga yang tidak ingin disebutkan namanya karena masih dalam suasana berkabung