Bupati Bintan : Tahun 2020 APBdes Mencapai 115 Milyar

Bintan, (cMczone.com) – Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2020 yang dikucurkan untuk 36 desa se-Kabupaten Bintan mengalami kenaikan sekitar Rp.12 Milyar lebih dari Tahun 2019 senilai Rp 103 milyar lebih.

Bupati Bintan, Apri Sujadi mengatakan APBDes yang dikucurkan tahun ini sebesar Rp.115 Milyar lebih. Nominal itu berasal dari Dana Desa (DD) yang dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp.39,5 Milyar.Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBD Bintan sebesar Rp.61,8 Milyar lebih serta Alokasi Bagi Hasil Pajak dan Retribusi sebesar Rp.14 milyar lebih.

“Tahun 2020 ini kembali naik, total nilai APBDes mencapai Rp.115 Milyar lebih”, ujar Apri ketika ditemui di Kijang, Minggu (26/1/2020) pagi.

Baca Juga :   Wauuuuu ........Pak Kades Berfose Mesra Bersama Wanita Lain , Ada Apa Ya.......?

Dengan kenaikan APBDes ini, menurutnya hampir setiap desa di Bintan akan memiliki nilai kas mencapai Rp.3 milyar lebih bagi pembangunan desa.

Ia juga meminta Kepala Desa agar memperhatikan kualitas belanja, dimana indikatornya program kegiatan harus memiliki sasaran dan memberikan efek positif bagi masyarakat.

“Satu lagi kita mengingatkan agar program-program desa harus selaras dan sejalan dengan Pemerintah Daerah, sehingga apa yang tidak tertampung di APBD bisa tertampung di APBDes” tambahnya

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Ronny Kartika menuturkan, bahwa desa-desa hendaknya bisa memprioritaskan pengembangan ekonomi dan Sumber Daya Manusia.

“Selain infrastuktur, kita meminta agar desa mampu memberdayakan ekonomi masyarakat juga. Sehingga semuanya yang dilakukan dengan dana itu pro terhadap masyarakat”, tutupnya.

Baca Juga :   Forum GenRe Kabupaten Solok Jualan Takjil Sambil Beramal

Laporan: Budi Adriansyah/Dinas PMD Bintan