Dinas Kesehatan dan Polres Tanjungpinang Gelar Konferensi Pers Tentang Observasi Suspek Virus Corona

Tanjungpinang, (cMczone.com) – Kantor Dinas Kesehatan Kota, Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengelar Konferensi Pers Tentang Hasil Investigasi/Observasi Suspek Corona Virus di wilayah Kota Tanjungpinang, Senin (10/2/2020).

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota Tanjungpinang Rustam mengatakan, bahwa telah dilakukan investigasi hasil notifikasi dari Pemerintah Singapura terhadap Warga Negara Indonesia (WNI) asal Kota Tanjungpinang pada hari Minggu tanggal 9 Januari 2020, pukul 09.00 WIB s/d 10.30 WIB di rumah yang bersangkutan dengan alamat KM. 7 Kelurahan Melayu Kota Piring, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kota Tanjungpinang.

“Jumlah warga yang dilakukan observasi 7 orang, dengan rincian 5 orang dewasa dan 2 orang balita. Adapun warga tersebut tidak melakukan perjalanan di wilayah terjangkit Virus, sebanyak 6 orang hanya melakukan perjalanan ke Malaysia dan Singapura”, kata Rustam.

Baca Juga :   AMPK Kampar Akan Demo Kantor Bupati Terkait Dugaan Kejahatan Kemanusiaan

Rustam menambahkan, bahwa seluruh anggota keluarga yang dilakukan observasi tidak menunjukkan gejala demam, flu, sesak nafas, batuk-batuk maupun keluhan kesehatan lainnya atau bisa dikatakan seluruh anggota keluarga sehat .

“Saat ini pihak keluarga menjalani karantina rumah dalam 1 rumah beserta seluruh anggota keluarga. Dan saat ini sedang dilakukan pemeriksaan sehari 2 kali yang mana masa observasi 14 hari dan akan berakhir pada tanggal 13 Februari 2020 ini”, ungkap Rustam.

Sementara itu, Kapolres Tanjungpinang Muhammad Iqbal meyakinkan seluruh elemen masyarakat khususnya di Kota Tanjungpinang, bahwa Kota Tanjungpinang sampai saat ini aman dari Virus Corona.

“Total 7 orang (6 orang yang kembali dari Singapura dan 1 orang tinggal di rumah di Kota Tanjungpinang) yang saat ini berada di kediamannya di KM. 7 Kelurahan Melayu Kota Piring telah dilakukan observasi oleh Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang dan tim medis dalam keadaan sehat dan tidak menunjukkan gejala terpapar virus corona”, kata Iqbal.

Baca Juga :   Perguruan Tinggi Sebagai Wadah Pengembangan Kemampuan Strata Tengah Menuju Manusia Unggul

Iqbal juga menghimbau agar masyarakat Kota Tanjungpinang senantiasa tenang dan tidak menyebarkan berita yang belum pasti kebenarannya sehingga menimbulkan keresahan di masyarakat.

“Saya mengajak seluruh elemen masyarakat agar senantiasa menjaga kesehatan, menjaga pola makan yang sehat, rutin berolah raga. Apabila mengalami gejala sakit agar segera berkonsultasi dengan pihak kesehatan”, ujar Iqbal.

Daya tahan tubuh juga menjadi salah satu faktor penting karena dengan daya tahan tubuh yang baik niscaya diri kita tidak mudah terserang penyakit, tutup Iqbal.

Diacara tersebut, hadir juga Karantina Kesehatan Pelabuhan Kelas 2 Tanjungpinang Nolita Sisphana dan Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang Susi Pritiana.

Baca Juga :   Kemnaker Kembali Pulangkan 32 Calon Pekerja Migran Asal Tiga Provinsi

Laporan: Budi Adriansyah/hms Polres Tanjungpinang