Genjot Sektor Pariwisata, Bupati Natuna Study Tour ke Belitung

Natuna,(cMczone.com) – Natuna dan Belitung memiliki persetujuan geologi, hayati dan budaya. Untuk itu Natuna perlu belajar dengan Belitung guna percepatan menuju UNESCO Global Geopark.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Natuna Drs. H. Abdul Hamid Rizal, M.Si, pada malam ramah tamah dengan Bupati Belitung di Rumah adat Belitung, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada Jum’at (21/02/2020) malam.

Hamid Rizal menyampaikan, bahwa ada pembicaraan antara Geopark Nasional Natuna dengan Geopark Nasional Belitung. Hanya saja Geopark Belitung sudah dikirim ke Global Geopark UNESCO, sementara Geopark Natuna belum.

Hamid Rizal berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna dapat belajar banyak dari Pemkab Belitung, terutama dalam hal pengelolaan Sumber Daya Alam-nya dibidang pariwisata.

Baca Juga :   Kerugian Capai Rp43 Triliun, Budi Setiyadi: Masalah ODOL Tuntas di 2021

Kedatangan rombongan study tour Pemkab Natuna disambut baik oleh Bupati Belitung, Sahani Saleh, S.Sos.

Pada kesempatan yang sama Sahani berharap, Kabupaten Natuna dapat meminta beberapa cara yang dilakukan oleh Pemkab Belitung dalam mengembangkan sektor pariwisata, untuk pengembangan dan pengembangan daerahnya.

Sahani menggambarkan, sejak Belitung ditetapkan sebagai Geopark Nasional, memiliki banyak pembangun hotel baru yang berimbas pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang menembus hingga Rp.200 juta per-tahun.

Dengan demikian, lanjut Sahani, itu adalah salah satu sektor yang harus dikelola dan dikembangkan oleh setiap pemerintah daerah, termasuk Kabupaten Natuna.

Karena sektor ini (pariwisata) mendukung dana untuk mendongkrak keuangan bagi setiap daerah, bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah itu sendiri.

Baca Juga :   Sidik Sakti Indera Waspada: 5 Orang Dilantik Sebagai PPNS, Salah Satunya Kasat Pol PP dan Gulkar Kota Tanjungpinang

Turut mendampingi kunjungan kerja Bupati Natuna, Kepala Badan Geopark Natuna Izwar Asfawi, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Hardinansyah, Kepala Dinas Perkim Hendra Kusuma, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Anrizal Zen, Kepala Dinas Pendidikan Suherman, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Boy Wijanarko, Penggiat Pariwisata Natuna Abdillah dan juga sejumlah rombongan lainnya.

Laporan: Budi Adriansyah/MC Natuna