Hadiri HUT Ke-1 MPP Pekanbaru, Menteri Tjahjo Kumolo Resmikan Kantor Baru Disdukcapil Pekanbaru

Pekanbaru,(cMczone.com) –  Perayaan HUT Mal Pelayanan Publik (MMP) Pekanbaru yang ke-1 tahun 2020 dan sekaligus peresmian perluasan MMP Kota Pekanbaru, yaitu Layanan Kependudukan dan Cacatan Sipil Kota Pekanbaru, berjalan dengan lancar. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Halaman kantor Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru, Jalan Jend Sudirman, Rabu (11/03/20).

Pada perayaan HUT MMP Kota Pekanbaru itu, turut di hadiri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, Reformasi dan Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo serta meresmikan kantor baru Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru.

Dalam sambutannya Tjahjo Kumolo mengatakan integrasi pelayanan dalam MPP bukan hal yang mudah karena membutuhkan koordinasi, komunikasi, dan komitmen pimpinan yang kuat.

Dikatakanya semoga MPP Kota Pekanbaru menjadi unit pelayanan yang tidak hanya mampu ditiru kabupaten/kota, tapi untuk seluruh daerah lain di Indonesia dan mampu melakukan berbagai inovasi dalam upaya memberikan layanan berkualitas dan mendorong investasi lokal dan internasional.

Baca Juga :   Ansar Ahmad Minta Semua Pihak Serius Tekan Covid-19

“Pemerintah dalam hal ini dinas perizinan harus mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan cepat bergereak, cepat bekerja yang akan mebawa pertumbuhan ekonomi. Cepat bergerak, cepat bekerja akan membawa pertumbuhan ekonomi. Reformasi secara utuh, bagaimana menata sebuah kepagwaian 4,2 juta ASN kita. ASN kita saya yakin profesional, dan mampu melayani di bidangnya masing-masing,” jelas Tjahjo Kumolo.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, Reformasi dan Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo juga berpesan agar PNS disamping taat kepada pemimpinnya, Pancasila, PNS juga harus seperti TNI. Siapa pun harus tegak lurus, harus berani menentukan sikap.

5 prioritas kerja presiden. Peningkatan kualitas SDM, peningkatan infrastruktur, penyederhanaan birokrasi, transformasi ekonomi, simplifikasi regulasi dan pembangunan infrastruktur, jelasnya.

“Yang terpenting, bagaimana mengintegrasikan pelayanan dan saran kritikan masyarakat selalu kami harapkan, terus dibutuhkan pemerintah dalam rangka meningkatkan pelayanan MPP lebih baik. MPP Pekanbaru ini yang terintegrasi dengan sistem dan dapat ditiru daerah lain, pungkasnya.

Baca Juga :   Polri Peduli Covid-19: Polres Bintan Bagikan Ribuan Sembako pada Masyarakat Kurang Mampu

Ia juga memuji MPP Pekanbaru yang mampu melakukan inovasi.

“MPP dapat menekan angka korupsi dengan layanan transparan. Terimakasih atas hadirnya MPP dalam melayani masyarakat sudah satu tahun ini,” ucap dia.

Selain itu, Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Nasution yang juga hadir dalam acara perayaan HUT MMP tersebut mengatakan, dengan adanyaMPP Pekanbaru sebagai wujud kehadiran negara di tengah masyarakat.”MPP Pekanbaru memiliki konsep pengembangan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), yang dikombinasikan dengan penggunaan teknologi informasi. Sehingga pelayanan publik menjadi lebih mudah diakses dan menambah unsur kenyamanan dalam mendapatkan pelayanan,”kata Edy Nasution.

“MPP Pekanbaru telah dijadikan role model bagi pelayanan publik di seluruh kabupaten/kota di Riau ini. Penguatan inovasi dalam hal pemberian pelayanan kepada masyarakat yang cepat dan berkualitas. Sejalan dengan penguatan sdm (sumber daya manusia) yang memiliki ciri-ciri jiwa entrepreneurship,” jelasnya.

Baca Juga :   Wakapolresta Deli Serdang Pimpin Tes Urin Dadakan, Pastikan Seluruh Personel Bebas Narkoba

Pelayanan publik kedepannya semaki komplek, kata Edi Natar, seiring kondisi masyarakat yang terus berkembang dinamis. Sehingga perlu upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia aparatur, terkait diskursus layanan publik menjadi pekerjaan rumah tangga yang penting dilakukan, tutupnya.

Dalam agenda acara kegiatan perayaan HUT MPP Kota Pekanbaru tersebut turut hadir Wakil Gubernur Riau Edy Natar dan Walikota Pekanbaru, H Firdaus, juga dihadiri Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu’min Wijaya.

Dan juga di hadiri Konsul Malaysia Pekanbaru Wan Nurshima, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh, Kepala DPMPTSP Kota Pekanbaru Muhammad Jamil, Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan, Kebijakan, dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah I Kementerian PANRB Noviana Andrina, para anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta para tamu undangan lainnya. (Kho/adv)