Polres Tanjungpinang Sosialisasi Konsep Hidup Sehat

Sosialisasi Konsep Hidup Sehat yang dilaksanakan di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Polres Tanjungpinang, Jum’at (13/3/2020) (Dok: hms Polres Tanjungpinang)

TANJUNGPINANG, (cmczone.com) – Kesehatan merupakan salah satu hal yang utama yang harus selalu kita jaga. Hidup menjadi tidak berarti bila kita menjalaninya dengan keadaan tidak sehat.

Menyadari pentingnya kesehatan bagi kehidupan, Kepolisian Resor (Polres) Tanjungpinang menggelar “Sosialisasi Konsep Hidup Sehat” yang dilaksanakan di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Polres Tanjungpinang, Jumat (13/3/2020).

Sosialisasi tersebut dihadiri Kapolres Tanjungpinang AKBP Muhammad Iqbal, SH, SIK, M.Si, pejabat utama, perwira, personel dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Polres Tanjungpinang serta Bhayangkari Cabang Tanjungpinang.

Sosialisasi juga menghadirkan utusan dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Hj. Mardianti, S.E., MAP dan Rahimah Azmi Dalimunte bekerjasama dengan Urusan Kesehatan (Urkes) Polres Tanjungpinang.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Muhammad Iqbal, SH, SIK, M.Si, memberikan kata sambutan di kegiatan “Sosialisasi Konsep Hidup Sehat”, Jum’at (13/3/2020) (Dok: hms Polres Tanjungpinang)

Dalam sambutannya, Kapolres Tanjungpinang Muhammad Iqbal mengatakan, saat ini wabah virus Corona menjadi perhatian dunia internasional, sebab berdampak buruk bagi kesehatan dan sangat membahayakan. Terlebih, belum ditemukannya vaksin yang dapat mengatasi virus tersebut.

Baca Juga :   SANG KOLONEL HARAPAN MASYARAKAT PADANG PARIAMAN ":

“Kita patut syukuri, di Kota Tanjungpinang belum ditemukan indikasi adanya warga masyarakat yang terinfeksi. Walaupun ada beberapa orang yang diduga suspect. Namun, sampai saat ini belum ada tanda terjangkit infeksi virus Corona,” kata Iqbal.

Menyikapi hal tersebut, lanjut Iqbal, kita dianjurkan untuk selalu menjaga kesehatan dengan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, makan yang teratur dan rutin melakukan cek kesehatan.

Ibu-ibu Bhayangkari Cabang Tanjungpinang, mengikuti kegiatan Sosialisasi Konsep Hidup Sehat, Jum’at (13/3/2020) (Dok: hms Polres Tanjungpinang)

Sementara itu, Ketua Bhayangkari Cabang Tanjungpinang, Karina, menghimbau kepada Bhayangkari, agar selalu memperhatikan kualitas kebersihan dan kesehatan keluarga. Seperti kesehatan suami, sebab suami kesehariannya bertugas untuk melayani masyarakat dan selalu berinteraksi dengan masyarakat.

“Juga memperhatikan anak-anak, terutama usia TK dan SD. Sebab, mereka belum terlalu memahami arti kebersihan. Sehingga dalam pergaulannya tidak terlalu mempedulikan apakah objek yang menjadi sarana permainannya itu bersih atau tidak,” ujar Karina.

Baca Juga :   Solusi Turunkan Harga Tiket Pesawat, Jokowi Undang Maskapai Asing Ke Indonesia
Hj. Mardianti, S.E., MAP, memberikan arahan soal pola hidup sehat, Jum’at (13/3/2020) (Dok: hms Polres Tanjungpinang)

Dalam arahannya, utusan dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Mardianti, menghimbau, agar menerapkan pola dan gaya hidup sehat dengan menjaga kondisi tubuh, menjaga makanan yang seimbang dengan mengkonsumsi sayur dan buah.

“Melakukan aktivitas fisik berupa kegiatan olahraga, menjaga lingkungan yang bersih, tidak merokok dan rutin cek kesehatan secara berkala, yaitu minimal 6 bulan sekali, sehingga dapat mengantisipasi gejala penyakit yang ada,” kata Mardianti.

Mardianti menambahkan, bahwa pemerintah telah menjalankan program paradigma sehat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) sesuai dengan Inpres No. 1 Tahun 2017.

Foto bersama usai kegiatan “Sosialisasi Konsep Hidup Sehat”, Jum’at (13/3/2020) (Dok: hms Polres Tanjungpinang)

Terdapat juga program sanitasi yang berbasis kebijakan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Kementerian Kesehatan. Dan menerapkan pemberdayaan masyarakat dengan metode :

Baca Juga :   Bikin Heboh, Ternyata Inilah Sumber Suara Misterius di Kampar ?

1). Memperkuat budaya perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat 

2). Mencegah penyakit berbasis lingkungan 

“Untuk menjaga kondisi tubuh agar tidak terjangkit Covid-19, supaya meningkatkan imunitas tubuh dengan menjaga asupan makanan dengan gizi seimbang dan sering melakukan cuci tangan pakai sabun,” ujar Mardianti.

Mardianti juga berpesan, jika mengetahui adanya indikasi seseorang di sekitar kita yang terinfeksi Virus Corona, maka warga dapat menginformasikannya melalui Call centre pusat : 082112123119 dan call Centre Provinsi Kepri : 081378790002.

Editor: Budi Adriansyah

Sumber: hms Polres Tanjungpinang