Cegah Penyebaran Covid-19, Taman di Kota Batam Ditutup Sementara

Batam, (cMczone.com) – Taman-taman di Kota Batam ditutup sementara. Kebijakan ini dibuat untuk mengurangi interaksi sosial masyarakat di tengah merebaknya virus corona disease (Covid-19).

“Sesuai arahan Pak Walikota Batam, masyarakat diminta untuk melakukan social distancing, mengurangi kegiatan berkumpul di tempat umum. Jadi beberapa taman yang kerap dikunjungi masyarakat Kota Batam ditutup sementara,” kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman, dan Pertamanan Kota Batam, Eryudhi Apriadi di Sekupang, Senin (23/3/2020).

Adapun lokasi taman yang ditutup sementara, yaitu Taman Kolam di Sekupang, Taman Wijaya Sei Harapan Sekupang, Taman Gajah Mada Tiban III Sekupang, Taman Cemara Asri, Taman Buluh Hang Tuah Baloi Permai, dan Taman Mustika Alam Batam Centre.

Baca Juga :   Nyaris Tewas Dihajar Massa Pencuri Sepeda Motor, di Deli Serdang

“Taman-taman ini selain banyak dikunjungi warga, juga terdapat sarana bermain dan olah raga. Pastinya banyak dipegang. Kita khawatirkan terjadi perpindahan virus melalui sarana ini. Makanya kita tutup sementara,” ujarnya.

Dinas Perkimtan juga sudah memasang spanduk mengenai penutupan sementara taman-taman tersebut. Imbauan juga sudah disampaikan ke pedagang yang ada di lokasi untuk sementara waktu tidak berjualan di sana. Selama penutupan, tim juga akan melakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan di sarana publik tersebut.

“Kita juga turunkan tim untuk melakukan pemantauan terutama di jam-jam yang biasanya ramai dikunjungi warga. Jika ditemukan pengunjung kita akan mengimbau untuk pulang. Karena tujuan dari meminta warga tetap di rumah ini adalah meminimalisir kemungkinan penyebaran virus antar individu,” tutur Eryudhi.

Baca Juga :   Jalin Silahturahmi, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS, Bantu Masyarakat Perbatasan Panen Padi

Tak hanya taman yang berada di pemukiman warga, Dinas Perkimtan juga menutup Kebun Raya Batam untuk pengunjung. Penutupan sementara taman-taman ini berlaku sejak Sabtu (21/3/2020) lalu.

Terkait berapa lamanya, menurut Eryudhi, melihat pada perkembangan situasi nanti. Apabila sudah cukup aman untuk dioperasikan, maka taman akan dibuka untuk umum kembali.

Editor: Budi Adriansyah

Sumber: MC Batam