Yudha Prasetia: Fraksi Gerindra-PKS Padang Panjang Siap Alihkan Dana Pokir untuk Penanganan Covid 19

KETUA Fraksi Gerindra-PKS DPRD Kota Padang Panjang, Yudha Prasetya.

PADANGPANJANG, CMCZONE.COM– Imbas wabah Virus corona (Covid-19), kian meluas. Tak hanya soal ancaman kesehatan terganggu, ancaman kelumpuhan ekonomi juga sudah mulai menghantui warga di seantero jagad raya ini, khususnya di Kota Padang Panjang.

Tak diduga, ternyata virus Corona justru membawa dampak yang jauh lebih parah bagi kondisi ekonomi Indonesia pada umumnya dan Kota Padang Panjang khususnya. Karena penyebaran virus asal China ini sangat cepat, sehingga mengganggu kegiatan ekonomi di berbagai negara.

Melihat kondisi ini, Anggota DPRD Kota Padang Panjang, yang juga Ketua Fraksi Gerindra- PKS, Yudha Prasetya, akan meminta mengalihkan dana Pokok Pikiran (Pokir) nya senilai Rp1 miliar, untuk menangani pencegahan penyebaran virus corona di Kota Padang Panjang. Diketahui, grafik penularan Corona di Kota Serambi Mekkah itu semakin hari semakin naik, bahkan 1 orang dinyatakan berstatus PDP.

Baca Juga :   Satgas Operasi Aman Nusa II Seligi 2020 Polda Kepri, Laksanakan Patroli Dialogis

“Semoga saja keinginan tersebut dapat ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kota Padang Panjang, dengan harapan pengalihan pokir tersebut dapat bermanfaat menghadapi wabah korona. Ditambah lagi kondisi ekonomi masyarakat yang kian terjepit,” kata Yudha.

Yudha berharap, melalui dana sebesar Rp1 miliar tersebut, dapat membantu pemerintah Kota Padang Panjang dalam hal antisipasi dan upaya pencegahan virus covid-19 di Kota Padang Panjang.

Yudha yang ditemui saat membagikan hand sanitizer dan disinfektan di kelurahan Kampung Manggis kemarin itu menyebut, dirinya selaku wakil rakyat dan Ketua Fraksi Gerindra – PKS DPRD Kota Padang Panjang, memberikan dukungan penuh kepada Pemerintah Kota Padang Panjang yang telah mengambil langkah-langkah dan kebijakan strategis dalam menangani pencegahan penyebaran virus covid-19 selama ini.

Baca Juga :   Firdaus-Ayat Menang ! Ini Rincian Suara Sahnya di 12 Kecamatan

“Termasuk dalam hal kebijakan untuk pengalokasian anggaran yang dibutuhkan dalam penanganan corona. Jadi, saya selaku ketua fraksi Gerindra PKS menawarkan pengalihan anggaran kegiatan Pokir saya di dalam APBD 2020 senilai Rp1 miliar kepada Fadly Amran selaku Walikota untuk membantu penanganan Covid-19 di Kota Serambi Mekah ini ” tuturnya.

Menurut Yudha, saat ini pemerintah membutuhkan anggaran yang besar untuk penanganan penyebaran virus corona. Karena kalau hanya mengandalkan anggaran tak terduga, tidak mencukupi. Untuk itu, pihaknya juga mendesak Fadly Amran untuk secepatnya mengajukan revisi anggaran.

Tak hanya itu, Yudha juga meminta agar seluruh kegiatan fisik yang ada di kota Padang Panjang tahun 2020 ini dihapus dulu, sesuai dengan surat edaran Menteri keuangan RI nomor S-247/MK.07/2020, perihal penghentian Proses Pengadaan barang dan Jasa Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik 2020.

Baca Juga :   Warga dan Keluarga Andi Ahmad DJaka di Makassar Dukung Pasangan Dg. Ical-Fadli Ananda di Pilwakot

“Dananya kita alihkan untuk penanggulangan Virus Covid-19 ini, kita sempurnakan kebutuhan paramedis, kita bantu masyarakat yang kini tengah menjerit,” ujarnya.

Yudha melihat, saat ini masyarakat ekonomi menengah ke bawah sangat menjerit dalam usahanya, baik tukang ojek, sopir angkutan, pedagang di pasar, semua mengeluh. Khusus untuk pedagang di Pasar Padang Panjang, Yudha juga meminta Pemko untuk menggratiskan sampai enam bulan ke depan.

“Ini kita lakukan sampai kondisi benar-benar pulih. Semoga saja dengan tambahan dana ini dapat membantu pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran virus corona di Kota Padang Panjang,” tutur Yudha. PAUL HENDRI