Resensi Buku Filsafat Pendidikan Islam | Drs.Hasan Basri,M.A,g

Oleh : Amida Fazuhrah

Identitas Buku
Judul Buku : Filsafat Pendidikan Islam
Pengarang :Drs.Hasan Basri,M.A,g
Penerbit :CV Pustaka Setia Bandung
Cetakan dan Tahun Terbit : ke satu 2009
Jumlah halaman: 252 Halaman

Isi Buku
Buku ini menceritakan tentang apa itu filsafat pendidikan islam ,yang mana buku ini sangat menarik dan mengedukasi para mahsiswa,pengajar maupun umat islam seluruhnya yang haus dengan ilmu pengetahuan filsafat islam dan juga ingin memperluas tentang filsafat pendidikan islam.
Buku ini juga menjabarkan secara rinci tentang filsafat pendidikan islam.Yang mana Pendidikan merupakan upaya dalam memperoleh ilmu pengetahuan.Pada perguruan tinggi pendidikan dikaji lebih mendalam dan konferensif yang dipergunakan untuk memperoleh pengetahuan,didalamnya sebagaimana kita tahu bahwa manusia telah dibekali akal oleh Sang Pencipta .Yang dengannyalah seluruh manusia berfikir dan mengembangkan suatu ide dan gagasanya.Akal yang dimiliki manusia harus dikembangkan melalui pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.
Buku ini juga sangat menfaat bagi mahasiswa dan para pengajar yang ingin mendalami filsafat pendidikan islam,karena materi didalamnya udah terdapat kurikulum yang sesuai dengan perguruan tinggi.
Jadi para mahasiswa dan pengajar,saya sarankan untuk membaca buku ini sebagai tambahan referensi tentang ilmu filsafat.

Baca Juga :   Badan Kehormatan DPRD Tubaba Akan Kroscek Langsung Terkait Lapangan Tiyuh Wono Rejo

Dalam buku ini terdapat 7 bab:
Bab pertama, menjelaskan tentang pengertian dan ruang lingkup filsafat pendidikan islam.Dalam bab pertama ini,pembaca disajikan dengan materi dasar dan apa sih filsafat pendidikan islam itu, dan apa saja ruang lingkupnya.

Bab kedua,yaitu dengan judul kedudukan alam semesta,manusia,masyarakat dan ilmu pengetahuan perspektif filsafat pendidikan islam.Bab kedua ini,pembaca akan memahami bagaimana persfektif filsafat pendidikan islam dalam memandang alam semesta,manusia,masyarakat dan ilmu pengetahuan.

Bab ketiga,dengan judul hakikat pendidikan dan etika keilmuan.Pada bab ketiga ini, kita akan memahami bagaimana hakikat pendidikan itu. apa kakikat seorang pendidik.Dan apa hakikat anak didik
Bab keempat,dengan judul etika ilmu dalam filsafat pendidikan islam.Dalam bab empat ini, akan dijelaskan mengenai etika pramaktis dalam pendidikan islam, positivsm dalam etika keilmuan dan etika keilmuan pada zaman Renaissance dan Humanisme.

Baca Juga :   Viral Video Pelajar SMK Berhubungan Badan di Dalam Kelas

Bab kelima,dengan judul hakikat kurikulum,alat-alat pendidikan dan evaluasi.Pada bab kelima ini ,si pembaca akan memahami bagaimana hakikat kurikulum itu,apa saja alat-alat pendidikan atau alat-alat segala sesuatu yang dianggap mampu dan menopang terjadinya proses pembelajaran dan pendidikan, dan apa itu evaluasi pendidikan.

Bab keenam,dengan judul pendidikan islam sebagai suatu system.Dalam bab ini juga dijelaskan tentang dasar-dasar system pendidikan islam,pendidikan islam sebagai sisitem kebenaran uni versal dan tujuan sistematik pendidikan islam.

Bab ketujuh,menjelaskan tentang pemikiran beberapa tokoh yang mengenai filsafat pendidikan islam diantaranya :pemikiran pendidikan menurut Imam Al-Ghasali,pemikiran Ibnu Maskawayh,pemikiran pendidikan ibnu Khaldun,pemikiran Kyai Haji Ahmad Dahlan,pemikiran Rahman EL-Yunusia,pemikiran Abdul Halim Iskandar.

Baca Juga :   Syech Ali Jaber Ditusuk Saat Memberikan Pengajian Di Mesjid

Kelebihan dan Kekurangan Buku
1.Kelebihan Buku
kelebihan buku ini yaitu memasukkan pemikiran para tokoh yang hebat , seperti pemikiran dari seorang tokoh wanita yaitu Rahma EL-Yunusia,saya sangat bangga dengan adanya pemikiran dari seorang wanita tersebut , karena beliau adalah seorang tokoh wanita dari Indonesia.Dan kelebihan buku ini juga adalah disaen cover yang sangat menarik dan tidak ada ditemukan kesalahan penulisan dalam buku ini dan juga mudah dipahami.

2.Kekurangan buku
Tidak adanya guenote,dalam artian referensi yang diambil hanya terdapat dalam daftar pustaka saja,alangkah baik jika juga dicantumkan gutnote atau catatan kaki sehingga pembaca tau materi mana atau bagian mana yang dikutip dan sumbernya dari mana!,selain itu terdapat materi yang disampaikan secara tidak langsung atau pun tuduh poin,melainkan pengantar yang panjang dan berkesan berteleh-tele sehingga cendrung menyulitkan pembaca dalam memahami inti yang disampaikan dalam bab tersebut. (Red/***).