Peduli Dampak Covid-19, Polres Tanjungpinang Gelar “Bakti Kemanusiaan Donor Darah”

Tanjungpinang (cMczone.com) – Bertempat di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Kepolisian Resor (Polres) Tanjungpinang, jajaran Polres Tanjungpinang menggelar kegiatan “Bakti Kemanusiaan Donor Darah”, Selasa (14/4/2020).

Sebelum dilakukan donor darah, setiap personil dicek kesehatannya oleh tenaga medis dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tanjungpinang dan Urusan Kesehatan (Urkes) Polres Tanjungpinang, untuk memastikan kesehatan dan kebugaran fisik si pendonor.

Hal ini juga wajib dilakukan sebagai prosedur protokol kesehatan, termasuk kewajiban penggunaan masker dan pengecekan suhu tubuh sebagai protokol penanganan Virus Corona (Covid-19).

Kurang lebih 100 personil di jajaran Polres Tanjungpinang mengikuti kegiatan donor darah tersebut, termasuk pejabat utama.

Baca Juga :   Polri Peduli Covid-19: Polres Tanjungpinang Bagikan Sembako, Masker, Hand Sanitizer Hingga Siapkan Dapur Lapangan untuk Masyarakat

Namun, sebagian personil tidak dapat mendonorkan darahnya, dikarenakan tekanan darah dan hemoglobin darah yang tidak memenuhi syarat.

Wakapolres Tanjungpinang, Kompol Agung Gima Sunarya, SIK, menyampaikan, bahwa kegiatan donor darah ini dilakukan sebagai upaya pemenuhan ketersediaan stok darah di PMI maupun unit transfusi darah di rumah sakit, agar dapat dipergunakan untuk membantu pasien yang membutuhkan.

“Donor darah ini rutin dilaksanakan Polri, termasuk Polres Tanjungpinang dan disaat pandemi Covid-19 ini, diharapkan donor darah yang dilaksanakan dapat bermanfaat terutama bagi pasien gawat darurat yang sangat membutuhkan darah,” ujar Gima.

Selain donor darah, jajaran Polres Tanjungpinang juga telah melakukan berbagai kegiatan sosial kemanusiaan, seperti pembagian Sembako yang telah beberapa kali dilaksanakan oleh jajaran, juga pembagian makan siang yang Senin kemarin dilaksanakan oleh jajaran Sat Binmas.

Baca Juga :   Brigjen Jimmy Ramoz Manalu Pimpin Sidang Parade Secata PK TNI-AD 2021

Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Polres Tanjungpinang terhadap dampak dari Covid-19.

IPTU Suprihadi, selaku Kasubbag Humas Polres Tanjungpinang berpesan kepada seluruh elemen masyarakat, agar senantiasa mentaati segala kebijakan pemerintah terkait prosedur penanganan Covid-19.

Menggunakan masker, mencuci tangan, terapkan physical distance, jangan lakukan aktivitas kerumunan atau perkumpulan dan maksimalkan aktivitas di rumah bukan di luar rumah.

“Dengan mentaati segala kebijakan dan aturan yang ditetapkan, semoga kita semua senantiasa diberi kesehatan dan terhindar dari segala macam penyakit,” tutup Suprihadi.

Editor: Budi Adriansyah | Sumber: hms Polres Tanjungpinang