SEJARAH PERKEMBANGAN SUKU KOTO MENURUT CATATAN PARA SEJARAWAN MINANG

Pariaman,cmczone.com- Suku Koto merupakan satu dari suku tertua yang terdapat dalam dua kelarasan induk suku di Minangkabau. Etnis Minangkabau memiliki dua kelarsan, yaitu klan atau kelarasan Koto Piliang dan kelarasan Bodi Chaniago.

Sastrawan sekaligus penulis A.A. Navis dalam bukunya berjudul Alam Terkembang Jadi Guru, menyatakan bahwa nama suku Koto berasal dari kata ‘koto’ yang berasal dari bahasa Sanskerta ‘kotta’ yang artinya benteng, di mana dahulu benteng ini terbuat dari bambu.

Rudy koto

Di dalam benteng ini terdapat pula pemukiman beberapa warga yang kemudian menjadi sebuah ‘koto’ yang juga berarti kota.

Dahulu Suku Koto merupakan satu kesatuan dengan Suku Piliang, tetapi karena perkembangan populasinya ,maka paduan suku ini dimekarkan menjadi dua suku yaitu suku Koto dan suku Piliang.

Baca Juga :   Pengurus Baru Dilantik, PDBI Sumut Incar Lima Medali Emas PON XXI

Suku Koto tergabung dalam kelarasan koto piliang pimpinan oleh Datuk Ketumanggungan yang memiliki aliran Aristokratis Militeris, di mana falsafah suku Koto Piliang ini adalah “Manitiak dari Ateh, Tabasuik dari bawah, batanggo naiak bajanjang turun”

Suku Koto dalam perkembangannya mengalami pemekaran dalam banyak suku, di antaranya: Tanjung Koto, Koto Piliang di nagari Kacang, Solok, Koto Dalimo, Koto Diateh, Koto Kaciak,Koto Kaciak 4 Paruik Solok Selatan, Koto Tigo Ibu di Solok Selatan, Koto Kampuang,Koto Kerambil,Koto Sipanjang,Koto Sungai Guruah di Nagari Pandai Sikek (Agam),Koto Gantiang di Nagari Pandai Sikek (Agam),Koto Tibalai di Nagari Pandai Sikek (Agam),Dll.

Saat ini sangat banyak pengusaha sukses suku koto di perantauan, salah satunya adalah ‘Basrizal Koto’. Orang² suku koto Juga terkenal Ramah dalam berbicara, berwibawa dan sopan santun.

Baca Juga :   Relawan AMAN 3 Bantu Sembako untuk Korban Banjir dan Tanah Longsor Tanjungpinang

Wajah² Laki² Orang bersuku koto biasanya Gagah dan tampan, Yg perempuannya lembut² dan berwajah Ayu Keibuan.

(Referensi: netralnews.com, seisarik.blogspot.com, Wikipedia.com, Boy paskand)
#Suku_Koto
#Minangkabau

Sumber:RK