Ketahanan Pangan Polres Tanjungpinang: Menuju “New Normal”

Tanjungpinang, Kepri (cMczone.com) – Program ketahanan pangan menjadi salah satu faktor penting demi keberlangsungan roda perekonomian dan kehidupan. 

Dalam mendukung penguatan ketahanan pangan tersebut, Kepolisian Resor (Polres) Tanjungpinang mengembangkan produksi bahan pangan mandiri dengan melaksanakan pembudidayaan ikan air tawar dan mini garden melalui program binaan Polres Tanjungpinang yang dikelola oleh personil Polres Tanjungpinang.

Dengan memanfaatkan lahan kosong, personil Polres Tanjungpinang, AKP Paingin membuat kolam pembudidayaan ikan air tawar di lahan seluas kurang lebih 500 meter persegi yang terletak di Jalan Singkong, KM 6, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Terdapat 4 kolam berisikan ikan air tawar, yaitu gurame, mas dan lele. Selain itu juga terdapat wadah pembibitan ikan untuk pembenihan, hingga pematangan usia untuk selanjutnya dipindahkan ke kolam pendewasaan dan siap panen.

Baca Juga :   Dukung Ketahanan Pangan, Polsek Tanjungpinang Timur Tanam Jagung dan Cabai

Selain itu juga terdapat mini garden (kebun kecil) yang ditanami sayuran, seperti terong dan cabe.

Hal senada juga dilakukan oleh personil Polres Tanjungpinang yang lain, yaitu IPTU Rohmadi. Rohmadi turut mengembangkan dan membudidayakan ikan air tawar konsumsi jenis gurame dengan sistem wadah semenisasi.

Terdapat 6 wadah semenisasi di lahan seluas 150 meter persegi yang berlokasi di Jalan Kuantan, Kota Tanjungpinang yang dipergunakan mulai dari proses pembenihan, pematangan usia hingga siap panen.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Muhammad Iqbal, SH, SIK, M.Si, menyampaikan bahwa program ketahanan pangan seperti pembudidayaan ikan air tawar konsumsi dan mini garden tanaman sayuran ini sangat penting untuk dikembangkan dan dikelola dengan baik.

Baca Juga :   "Jumat Barokah" Deputy Organisasi FPII Aksi Sosial Kemasyarakat Terhadap Warga Terlantar di Desa Sidajaya

“Kebutuhan akan bahan pangan merupakan faktor vital untuk keberlangsungan kehidupan manusia, untuk itu berbagai upaya perlu kita lakukan dalam menguatkan ketahanan pangan,” ujar Iqbal.

Sementara itu, Kasubbag Humas Polres Tanjungpinang, IPTU Suprihadi, menyampaikan bahwa program binaan Polres Tanjungpinang dengan mengkaryakan personil Polres Tanjungpinang dalam menciptakan inovasi untuk penguatan ketahanan pangan seperti pembudidayaan ikan air tawar dan mini garden tanaman sayuran ini, diharapkan dapat memiliki manfaat dan sebagai langkah antisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi ke depannya.

“Kesiapan kita sedini mungkin akan semakin menguatkan pondasi kita dalam menyongsong tatanan kehidupan baru,” pungkas Suprihadi, Selasa (2/6/2020).

Editor: Budi Adriansyah | Sumber hms Polres Tanjungpinang