“Kampung Tangguh Nusantara” made in Polres Tanjungpinang

Tanjungpinang, Kepri (cMczone.com) – Kepolisian Resor (Polres) Tanjungpinang dengan support dan dukungan dari berbagai pihak, baik Stakeholder dan masyarakat, berhasil mewujudkan “Kampung Tangguh Nusantara” yang berlokasi di Kampung Sidomulyo, Kelurahan Batu IX, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Muhammad Iqbal, SH, SIK, M.Si, didampingi Wakapolres Tanjungpinang, Kompol Agung Gima Sunarya, SIK, resmi memperkenalkan Kampung Tangguh Nusantara tersebut.

Peresmiannya juga dihadiri Pejabat Utama dan personil Polres Tanjungpinang, Forkopimda Tanjungpinang, tokoh adat, tokoh agama serta masyarakat, Jumat (12/6/2020).

Dalam sambutannya, Iqbal menyampaikan, bahwa Kampung Tangguh Nusantara ini merupakan pilot project kolaboratif dengan Stakeholder untuk melakukan aksi nyata di desa atau kelurahan yang ditunjuk. Di mana dalam konsepnya menitikberatkan pada peran serta aktif elemen masyarakat, baik personal maupun kelompok.

Baca Juga :   M. Guntur Anggota DPRD Tanjabtim Komisi Dua, Pertanyakan Keseriusan Pemerintah Dalam Menangani Banjir Tahunan di Teluk Dawan

“Tujuan dari pembentukan Kampung Tangguh Nusantara ini adalah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah tertentu, membangkitkan kesadaran masyarakat dan membangun semangat kebersamaan untuk lebih waspada, membangun solidaritas antar sesama warga masyarakat dimasa pandemi, meminimalisir dampak sosial ekonomi akibat pandemi Covid-19, dengan cara meningkatkan kemampuan dan kemandirian masyarakat serta melakukan sosialisasi kepada masyarakat umum produktif agar dapat kembali bekerja dengan aman,” jelas Iqbal.

Adanya wabah Covid-19, lanjut Iqbal, telah menimbulkan permasalahan yang berdampak pada ekonomi sosial budaya politik dan Harkamtibmas, serta menimbulkan ancaman nyata merugikan masyarakat Indonesia.

“Untuk itu diperlukan upaya kita bersama membangun ketangguhan masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19, maka koordinat Baharkam Polri membuat terobosan membuat pilot project Kampung Tangguh Nusantara sebagai upaya dalam pencegahan pandemi Virus Corona,” ujar Iqbal.

Baca Juga :   Terjadi Insiden Saat Kunjungan Menhub, Kemenhub dan Gubernur Kepri Minta Maaf

Kampung Sidomulyo dipilih sebagai lokasi Kampung Tangguh Nusantara, karena memenuhi beberapa ktiteria yaitu:

  1. Tangguh dalam kedisiplinan.
  2. Tangguh dalam religi.
  3. Tangguh dalam swasembada pangan (bercocok tanam atau peternakan)
  4. Tangguh dalam kepedulian antar sesama.

“Dengan dibentuknya Kampung Tangguh Nusantara ini diharapkan kerja sama dan keterlibatan seluruh elemen masyarakat, perangkat kelurahan dan Forkopimda sehingga apa yang kita harapkan dapat terlaksana dengan aman dan lancar, serta masyarakat dapat mempunyai kemampuan dan kemandirian untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di wilayahnya,” tutup Iqbal.

Nantinya akan dilaksanakan peresmian atau launching Kampung Tangguh Nusantara yang dilaksanakan secara serentak pada tanggal 1 Juli 2020.

Kapolres Tanjungpinang pada kesempatan tersebut menyerahkan secara simbolis pupuk pertanian dan bantuan kepada masyarakat. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan peninjauan lokasi ketahanan pangan di Kampung Sidomulyo, antara lain kebun jagung, cabe, singkong dan pisang. Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan kantor atau posko kesehatan Kampung Tangguh Nusantara.

Baca Juga :   Disbun Tanjabtim Serahkan Lansung Bantuan Pupuk Organik Kepada Kelompok Petani Kopi Liberica

Editor: Budi Adriansyah | Sumber: hms Polres Tanjungpinang