Okmart.id – Peluang Bisnis Saat Ini

Pekanbaru,(cMczone.com) – Menciptakan Peluang bisnis ataupun Menjalankan bisnis perlu perencanaan tepat. Anda harus menentukan bisnis apa yang ingin dijalankan, lalu mempelajari peluang usaha bisnis tersebut. Selain itu, Anda juga perlu memahami kemampuan Anda dalam menjalankannya.

Pada rubrik ini, kami akan membagikan 10 peluang usaha yang menjanjikan potensi keuntungan yang baik. Dengan demikian, Anda tak perlu melakukan riset sendiri, dan bisa memilih manakah yang paling sesuai untuk Anda, serta promosikan produk anda melalui website seperti cMczone.com yang telah beroperasi sejak tahun 2017 dan Okmart.id yang saat ini telah mulai beroperasi di daerah Pekanbaru.

Apa yang Perlu Anda Ketahui tentang Peluang Usaha?

Memulai bisnis Anda sendiri adalah pilihan yang bijaksana.

Alasannya, bisnis pribadi memang menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Faktanya, hampir 54% pebisnis mengaku pendapatannya meningkat.

Selain itu, sebanyak 26% pebisnis tersebut ingin mendapatkan kebebasan dalam menjalankan usahanya sendiri. Tentu, dengan tujuan untuk terus membangunnya menjadi lebih baik.

Namun, hal tersebut tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Untuk memulai bisnis yang menghasilkan, ada beberapa tips yang bisa Anda coba:

Ikuti Passion Anda

Menjalankan bisnis sesuai dengan passion  membuat Anda tidak gampang menyerah. Alasannya, Anda akan sangat mencintai pekerjaan tersebut. Berbagai tantangan yang muncul akan Anda hadapi dengan tenang dan fokus.

Bisnis yang Anda jalankan pun bisa berangkat dari hal yang Anda sukai, seperti traveling, camping, dan lainnya. Sudah banyak contoh sukses bisnis yang berangkat dari hobi.

Online

Untuk membantu bisnis Anda tumbuh dengan pesat, manfaatkanlah kecanggihan teknologi.

Ya, online memang sudah bukan lagi pilihan. Bisnis yang online akan menjangkau pasar yang lebih luas tanpa terbatas waktu dan lokasi. Potensi keuntungannya pun cukup besar.

Faktanya, transaksi ecommerce di Indonesia tahun ini saja mencapai Rp 13 Triliun?bulan. Fantastis!

Bisnis yang ditunjang hadirnya sebuah website toko online akan mampu menarik lebih banyak calon konsumen. Apalagi jika didukung dengan kemudahan bagi konsumen menemukan bisnis Anda, seperti mendaftarkannya ke google bisnisku.

Hasil yang diraih tentu akan lebih optimal, bukan?

Kenali Persaingan

Memiliki produk yang bagus tidak begitu saja menjamin kesuksesan bisnis Anda. Salah satu faktornya adalah hadirnya persaingan usaha yang ketat.

Seringkali Anda harus “berbagi kue” dengan kompetitor dan menerapkan strategi perang harga yang cukup sengit. Bagi pebisnis, kondisi ini tentu kurang menguntungkan, namun jangan khawatir dan anggap saja pesaing tersebut cara ampuh agar kita terus meningkatkan kualitas produk dan pelayanan kita.

Baca Juga :   Brigjen Pol (Purn) Drs. Siswandi | Lima Selebritis Yang Akan Tersandung Narkoba

Solusi untuk hal ini adalah melakukan riset pasar atas peluang usaha yang ingin Anda jalankan. Selain itu, Anda juga bisa mencari niche (lingkup bisnis) yang masih belum banyak digarap oleh pebisnis lain.

Daftar Peluang Usaha yang Paling Menjanjikan

Berikut ini adalah daftar peluang usaha terbaru yang paling menjanjikan di tahun 2020, bahkan bagi pemula sekalipun.

Kami memilih peluang usaha ini berdasarkan tipe bisnisnya, jenis bisnisnya (apakah online atau offline), dan modal yang diperlukan (kecil atau menengah).

  1. Menciptakan Produk Kreatif Ramah Lingkungan

Menciptakan produk bermanfaat sambil tetap menjaga lingkungan bisa menjadi peluang usaha yang baik.

Bisnis ramah lingkungan berbahan dasar limbah, seperti memproduksi tas kreatif dari sampah plastik. Bisnis ini terbukti mampu menghasilkan keuntungan yang besar. Pangsa pasarnya juga sudah internasional.

Dengan memulai usaha dengan modal Rp10 juta untuk membeli berbagai perlengkapan. lalu memasarkan produk melalui media sosial dengan membangun kesadaran penggunaan produk ramah lingkungan. Kemudian, bergabung dengan took online yang sudah ada atau membuat website sendiri, serta terus menggarap bisnisnya dengan lebih serius.

Hasilnya, omzet penjualannya ini bisa mencapai puluhan juta/bulan.

  1. Usaha Rental Mobil

Bisnis sewa mobil mungkin sudah banyak Anda temui. Modal awal yang dibutuhkan pun tidak sedikit. Jadi, Anda mungkin tidak begitu tertarik mencobanya.

Pengalaman  para pebisnis menunjukkan bahwa untuk memulai bisnis, kreativitas merupakan faktor kunci, tidak melulu modal.

Jika anda tidak memiliki armada/mobil, anda bias mengajak teman, sahabat maupun kolega untuk bergabung bersama anda sebagai pengelola. Dengan memulai dengan bersama tersebut maka peluang usaha tersebut akan bias dijalankan dengan catatan membangun komitmen bersama serta dengan rasa tanggung jawab yang tinggi,

Dengan sistem bagi hasil tersebut, bisnis semakin berkembang. Penghasilan yang akan di terima tiap bulan pun bisa lumayan besar lho.

Bisnis rental mobil ini terbukti tidak hanya bisa dilakukan offline saja, namun bisa secara online agar dapat menjangkau lebih banyak pengguna jasa rental.

  1. Wedding Organizer

Setiap pasangan calon pengantin ingin momen spesialnya berlangsung sempurna. Oleh karena itu, seorang wedding organizer selalu dibutuhkan untuk mengatur rangkaian acara.

Dari sisi bisnis, ini tentu peluang usaha yang baik.

Jangan dulu beranggapan bahwa bisnis ini sudah tidak prospek seiring bertambahnya jumlah wedding organizer. Faktanya, nilai industri dari bisnis pernikahan di tahun ini saja mencapai Rp 500 Triliun.

Sekali lagi, kreativitas Anda dalam mengenali pasar menjadi kunci. Dan produk yang ditewarkan harus memili ciri khas tersendiri

Apakah modal yang dibutuhkan sangat besar? Tidak juga. Dengan menggunakan modal Rp3 juta anda sudah bias untuk memulai bisnis ini dan anda harus memiliki relasi penyedia perlengkapan pesta.

  1. Affiliate Marketing
Baca Juga :   Walikota Batam Lantik Pengurus KPMKRY-KKB Periode 2019-2020

Affiliate marketing memungkinkan Anda mendapatkan uang dengan mempromosikan produk pihak lain. Peluang usaha ini cukup menggiurkan. Sebab, Anda bahkan bisa memulainya tanpa modal.

Cara kerjanya pun cukup mudah. Jika seseorang membeli produk menggunakan kode referral yang Anda berikan, Anda akan mendapatkan komisi sesuai perjanjian yang disepakati.

  1. Menciptakan Kerajinan Tangan

Keterampilan dalam mengolah suatu bahan menjadi kerajinan tangan bisa menjadi bisnis yang menjanjikan.

Anda pun tak harus memulainya dengan modal besar. Dengan beberapa ratus ribu saja, Anda sudah bisa memulainya. Yang paling penting, ketekunan dan kejelian melihat peluang usaha.

Produk kerajinan tangan terbukti sangat disukai bahkan diekspor hingga ke luar negeri. Dengan menggunakan website sebagai media promosi.

  1. Menjadi Dropshipper

Dropship juga memungkinkan Anda memulai bisnis tanpa modal. Namun, jangan salah, potensi penghasilannya tidak dapat dianggap remeh.

Model bisnis dropship mirip dengan reselling. Hasil keuntungannya berasal dari selisih harga yang Anda terima dari pembeli untuk membeli produk dari penjual. Bedanya, dropship tidak menuntut Anda memiliki gudang sendiri. Sebab, penjuallah yang akan mengirimkan barang ke konsumen.

Hingga saat ini, bisnis dropship masih cukup potensial. Beberapa platform marak menawarkan kerjasama bisnis ini.

  1. Usaha Potong Rambut

Anda pernah melihat acara “The Cuts Indonesia” yang tayang di TV? Sebuah acara untuk mencari penata rambut terbaik. Acara tersebut menunjukkan bahwa seni penataan rambut sudah menjadi tren gaya hidup masyarakat saat ini.

Bagi pebisnis, ini adalah peluang usaha yang bisa dikembangkan.

Untuk memulai bisnis ini pun tidak diperlukan modal yang besar. Hanya butuh Rp.2 juta saja ketika membangun Barbership di rumah. Modal tersebut digunakan untuk membeli perlengkapan potong rambut, perabotan pendukung dan biaya promosi awal.

Omzet yang didapat dari usahan ini bisa lebih dari Rp.15 juta/bulan.

Jika Anda memiliki tempat di rumah yang bisa dimanfaatkan, Anda tidak perlu menyewa ruko. Artinya bisnis ini bisa jadi bisnis rumahan.

Jika sudah berkembang, Anda bisa mengikuti jejak Arfa Barber Shop dan Toekang Tjoekoer untuk menjadikannya bisnis franchise. Tentu Anda sebagai franchisor-nya.

  1. Jasa Penitipan Anak

Suka dengan anak-anak dan ingin menjalankan bisnis dari rumah? Membuka jasa penitipan anak bisa menjadi pilihan yang menarik.

Bisnis ini sangat cocok dijalankan di kota-kota besar. Kesibukan orang tua bekerja seringkali mengharuskan anak dititipkan ke pihak lain. Ini bisa jadi peluang bisnis.

Baca Juga :   TMMD Ke 111 Kodim 0420/Sarko Bersama Warga Haluskan Pasir Untuk Persiapan Bahan Plaster

Pada awalnya, Anda mungkin harus menyiapkan modal untuk melakukan renovasi rumah Anda. Tujuannya, menjadikan rumah Anda area bermain yang menyenangkan. Selain itu, Anda perlu membeli beberapa perlengkapan bermain anak sekaligus upaya mempromosikan usaha.

Katakanlah tarif penitipan anak per bulan Rp500 ribu. Jika menerima 10 anak, maka pendapatan tiap bulan adalah Rp5 juta.

Itu pun bisa bertambah jika Anda juga menerima anak yang membutuhkan pengawasan khusus seperti balita ataupun bayi. Tentu pendapatan Anda kian meningkat.

Tidak hanya itu, jika Anda mempromosikannya dengan baik melalui website, tentu akan mampu menjangkau lebih banyak konsumen.

  1. Berjualan Makanan Ringan

Produk makanan memang tidak ada matinya. Terutama produk makanan ringan atau snack. Meskipun banyak produk baru dikenalkan, antusiasme masyarakat untuk mencobanya cukup besar. Artinya, potensi bisnisnya masih cukup besar.

Jika Anda ingin menjajal bisnis makanan ringan ini, kuncinya adalah kualitas dan keunikan produk. Lalu, untuk lebih meningkatkan penjualan, Anda bisa memasarkannya secara online.

Memulai bisnis ini tidak harus dengan modal besar. Bahkan Anda bisa menjalankannya seperti bisnis rumahan.

Dengan modal awal hanya Rp.1 juta anda sudah bias memulainya

  1. Usaha Katering

Terutama bagi Anda yang tinggal di kota besar, menjajal bisnis katering masih menjadi peluang usaha yang menjanjikan di tahun 2020. Sebab, bisnis Anda akan menjadi solusi bagi para pekerja kantoran yang menginginkan menu makan siang yang lezat dan mudah didapat.

Tak hanya itu, variasi bisnis katering ini sendiri masih bisa dikembangkan lagi. Anda cukup berkreasi dengan menu dan pilihan bisnis Anda sendiri.

Untuk bisnis katering, Anda bisa saja memulainya dengan modal minim. Hanya dengan Rp3 juta saja. Namun, kegigihan dalam berbisnis mengantarkan anda pada pencapaian omzet hingga ratusan juta rupiah tiap bulannya.

 

Penutup

Cukup banyak juga ya peluang usaha yang bisa Anda manfaatkan. Satu hal yang sama-sama dimiliki oleh peluang usaha yang kami ulas adalah semuanya sangat menjanjikan.

Untuk membuka sebuah usaha Anda bisa memulainya dengan hal yang paling Anda sukai. Dengan kata lain, ikuti passion Anda. Lalu, Anda bisa mengembangkan bisnis Anda dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan go online. Dan yang tidak kalah penting adalah selalu pelajari potensi pasar bisnis tersebut dengan data yang cukup.

Jika, Anda sudah menemukan ide peluang usaha yang akan Anda geluti, Anda bisa memulainya sekarang. Berapapun modal yang Anda miliki bisa menjadi hal penting berikutnya setelah kejelian, kreativitas, dan keuletan Anda dalam berbisnis.

Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat.