Danlantamal IV bersama Ketua Korcab IV DJA I Panen Raya Sayuran dan Ikan

Tanjungpinang, Kepri (cMczone.com) – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang dan Koordinator Cabang IV Daerah Jalasenastri Armada I (Korcab IV DJA I), menggelar kegiatan Panen Raya Sayuran dan Ikan yang berlangsung di lahan Budidaya Sayuran dan Ikan Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal IV Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Senin (29/6/2020).

Pada kesempatan tersebut Komandan Lantamal IV, Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, SE, M.Han, didampingi Ketua Korcab IV DJA I, Ny. Indarto Budiarto, Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Tanjungpinang, Drs. M Ahadi, berkenan memanen hasil Budidaya Sayuran dan Ikan yang merupakan program pemerintah dan Pimpinan TNI tentang Ketahanan Pangan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Jenis sayuran yang dipanen adalah sayur Slada Samhong, Bayam Brazil, Kangkung dan Sayur Dakota, sedangkan untuk ikan yaitu jenis Ikan Bawal dengan total berat 100 kg. Semua jenis sayuran dan ikan ditanam dan disebar mulai tanggal 18 Mei 2020.

“Tanaman dan ikan harus diberlakukan penuh kasih sayang, karena mereka adalah makhluk Tuhan juga, pasti akan ada timbal baliknya kepada kita,” kata Ahadi.

Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan akan bersinergi dengan Lantamal IV, kata Ahadi, apabila sudah ada terbentuk kelompok-kelompok tersebut, baik di rumah-rumah dan di lahan-lahan tidur milik TNI Angkatan Laut.

“Apabila dibutuhkan, kami akan mengirimkan Insinyur-insinyur dibidangnya untuk membantu, serta apabila perlu dibutuhkan alat berat untuk membuka lahan baru kami akan kirim,” pungkas Ahadi.

Baca Juga :   Mansur Sihadji Tegaskan Tahapan Sosialisasi Pencalonan Wajib Hukumnya Untuk Ditunaikan KPU

Sementara itu, Danlantamal IV bangga pada Satrol Lantamal IV karena ikut serta dalam program ketahanan pangan.

“Di satuan lain juga sudah banyak yang mengerjakan serta di rumah-rumah personil Lantamal IV dengan menanam jenis sayuran serta beberapa jenis ikan yang dibuat kolam yang sesuai dengan luas lahan di rumahnya, dengan harapan semuanya itu untuk menambah kebutuhan rumah tangganya,” ungkap Indarto.

Personil Lantamal IV selalu siap melaksanakan dan mendukung program Ketahanan Pangan yang dicanangkan oleh pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pertanian serta siap bersinergi guna membantu Pemerintah Kota/Kabupaten dan Provinsi Kepri serta keluarga besar personil Lantamal IV.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wadanlantamal IV, Kolonel Marinir Gatot Mardiyono, SH, Asops Danlantamal IV, Kolonel Laut (P) Amrin Rosihan Hendrotomo, SE, Aspers Danlantamal IV, Kolonel Laut (KH/W) Dewi Lestari, S.Pd, M.Tr.Hanla, MM, CHRMP, Aspotmar Danlantamal IV, Kolonel (P) Arief Meidyanto, Dansatrol Lantamal IV, Kolonel Laut (P) H.Wijaya Sinaga, SE, Kadispotmar Lantama IV, Letkol Laut (KH) Syafruddin Amir, S.Ag, Dandenma Lantamal IV, Letkol Laut (P) Ahmad Fahrudin, ST, M.Tr.Hanla, Kabid Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Kota Tanjungpinang, Ketua Cabang 9 Korcab IV DJA I, Ny. Horas Sinaga, dan Perwakilan Pengurus Jalasenastri.

Baca Juga :   Herlianto, Anggota Baru PPWI Pulang Pisau, Kalteng Menerima Penyematan ID Card dari Ketum PPWI

Editor: Budi Adriansyah | Sumber: Dispen Lantamal IV