Cara Membantu Pecandu Narkoba

Apa yang harus Anda lakukan apabila ingin membantu seseorang pecandu narkoba, tetapi Anda tidak tahu cara menolongnya? Banyak salah kaprah mengenai cara membantu orang yang memiliki ketergantungan. Anda tidak bisa membuat dia menaklukkan ketergantungannya, dan Anda tidak bisa menjadi orang yang menangani kecanduannya. Yang menjadi pusat perhatian Anda adalah memberikan dukungan dengan menggunakan berbagai cara kreatif.

Memberikan Dukungan
Jadilah teman terbaik. Beberapa persahabatan ada yang berlangsung cepat dan ada juga yang bertahan selamanya. Membantu teman ketika dia mengalami kesusahan seperti kecanduan narkoba dapat menguatkan persahabatan. Ketika hubungan persahabatan sedang dibangun, Anda cenderung akan lebih memedulikannya. Ketika masa kritis muncul, Anda tentu ingin membantunya.

Tunjukkan empati
Pengalaman emosional yang dialami pecandu narkoba memaksanya untuk tumbuh dan hal tersebut mungkin dapat menimbulkan rasa sakit. Anda bisa membantu mengurangi rasa sakit yang dialaminya dengan terus mendengarkannya.

Tempatkan diri Anda pada posisi orang tersebut. Belajarlah menunjukkan belas kasih dan menerima kondisinya, bukan menghakiminya.

Sampaikan kepedulian Anda
Sangatlah menyakitkan menyaksikan seseorang menderita atau ketika dia membuat pilihan yang kurang tepat sehingga memberikan dampak yang buruk terhadap kehidupannya. Ada saatnya Anda harus memberi tahu dia bahwa Anda peduli akan kesehatan dan kebahagiaannya. Dia mungkin ingin mendengarkan apa yang Anda ucapkan atau tidak. Hal tersebut tidak akan menjadi masalah karena Anda benar-benar tulus membantunya dan telah menunjukkan kepadanya bahwa Anda peduli terhadap kondisinya.

Baca Juga :   Ketika Ibu-Ibu Merindukan Senyum Mantan Kuli Bangunan

Yayasan Arkananta Sejiwa Indonesia (ARSI) memberikan pelayanan konsultasi baik bagi penderita kecanduan, keluarganya, atau anggota masyarakat lainnya.

https://www.instagram.com/p/CAcgZYqnkNA/?utm_source=ig_web_copy_link

Info & Konsultasi (Gratis)
+62 813 1824 3867
+62 811 884 7454

Jika Anda menyukai pelayanan kami guna membantu korban penyalahgunaan narkoba dan para pecandu narkoba, bantu kami menyebarkan keberadaan rehabilitasi ini dengan “SHARE” sehingga orang lain banyak tahu. (Wikihow)