Terpilih Menahkodai Desa Ujung Ikbal, S.IP, Siapkan Design Program Pemberdayaan Masyarakat

Kep.Selayar,(cMczone.com) – Program pemberdayaan masyarakat pedesaaan, berbasis pertanian, perkebunan, dan peternakan didesign dan dirumuskan Kepala Desa Ujung, Kecamatan Pasimasunggu Timur, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan, Ikbal, S.IP.

Ditemui wartawan di rumah kediamannya, Ikbal, S.IP, membeberkan, sejumlah bentuk program kerja prioritas, Pemdes Ujung, diawal masa pengabdiannya sebagai kepala desa terpilih.
Design program pembangunan kawasan peternakan terpadu, diinisiasi Pemdes Ujung, sebagai wujud, penegakan peraturan daerah (Perda) nomor 20 tahun 2009, tentang ternak liar.

Ikbal bertekad membebaskan wilayah desanya dari hewan dan ternak liar melalui program pembangunan kandang ternak terpadu yang rencananya akan ditunjang dengan penyiapan kebutuhan pakan rumput gajah.
Setelah membangun kandang terpadu, Pemdes Ujung, rencananya akan mendistribusikan bantuan ternak, sesuai dengan permintaan, dan kebutuhan masyarakat. Sebagai bentuk konsistensi, terhadap upaya penegakan perda, nomor 20 tahun 2009, Pemdes Ujung tidak secara tegas menyatakan tidak akan memberikan rekomendasi permintaan bantuan ternak kepada masyarakat yang terbukti, tidak mampu menyiapkan kandang di wilayah kebun atau sawah miliknya.

Baca Juga :   KPU Kepulauan Selayar Gelar Live Streaming Pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Verfak

“masyarakat yang tidak memiliki kandang dan tidak mampu menyiapkan kebutuhan pakan untuk ternaknya, tidak akan kita beri bekal rekomendasi untuk mengajukan permintaan bantuan hewan dan atau ternak ke dinas pertanian dan kehutanan kabupaten.” “Kebijakan ini kita dilakukan, dalam rangka untuk meminimalisir dan menekan potensi konflik yang dimungkinkan untuk terjadi, di antara petani dan peternak yang merasa dirugikan oleh keberadaan hewan dan ternak liar, tak bertuan yang tak jarang memangsa serta merusak tanaman milik warga”.

Selain kedua program dimaksud, Pemdes Ujung juga tengah mendesign rencana pengusulan anggaran proyek pembanunan cekdam mini yang diharapkan mampu mengaliri seluruh area kawasan pertnaian, persawahan, dan perkebunan di Pulau Ujung Jampea dan sekitarnya.

Baca Juga :   Ansar-Marlin Datang ke DPRD Kepri Pukul 09.40 WIB

Berbekal proyek cekdam mini, Pemdes Ujung berharap mampu memciptakan kawasan budidaya ikan air tawar untuk sekaligus dijadikan sebagai arena memancing ikan air tawar, plus obyek dan daya tarik wisataa (ODTW).
“kita berharap, ‘ mimpi’ ini, bisa segera terealisasi dalam waktu yang singkat dan tidak terlalu lama, sehingga masyarakat, dapat langsung menikmati dan merasakan manfaat proyek pembangunan cekdam mini yang didesign Pemdes Ujung, jelasnya kepada wartawan. (Andi Fadly Dg. Biritta)