Disperindag Tanjabtim Salurkan Bantuan Timbangan Digital ke Pedagang Lokal Pasar Sabak Barat

Tanjabtim, (cMczone.com) – Pemerintah Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) berikan timbangan duduk digital 40Kg untuk 30 pedangan di Pasar Muarasabak Barat, Jambi. Hal ini dikatakan oleh Kadisperindag Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi, Hero Suratman kepada media ini, Kamis (23/7/2020).

“Bantuan hibah secara bertahap, untuk digunakan bagi pedagang. Jumlah yang di berikan untuk pedagang Pasar Muarasabak Barat sebanyak 30 unit,” ucapnya.

Di katakannya lagi, terkait bantuan timbangan ini, Disperindag Tanjung Jabung Timur memiliki target untuk seluruh pedagang. Namun saat ini, di prioritaskan terlebih dahulu untuk pedagang lokal.

Baca Juga :   Pentingnya "Physical Distancing" Disaat Pandemi Corona

Sehingga untuk ke depan pasar Muarasabak Barat menjadi pasar yang tertib ukur.

“Tapi kita prioritaskan dulu untuk pedagang lokal, pedagang daerah itu yang kita prioritaskan dulu,” imbuhnya.

Kemudian, seandainya pedagang yang mendapatkan hibah timbangan tidak lagi melakukan aktivitas perdagangan, sambung Hero. Pihaknya akan mengambil alih timbangan dan akan difungsikan kembali bagi pedagang yang benar-benar membutuhkan.

Lalu, setelah mendapatkan timbangan tersebut, pedagang melaksanakan wajib tera sesuai ketentuan Metrologi atau disiplin ilmu yang mempelajari cara-cara pengukuran, kalibrasi, dan pemastian akurasi di bidang industri, ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Kita harapkan bagi pedagang yang mendapatkan timbangan itu, melaksanakan wajib tera setahun sekali, sesuai ketentuan Metrologian,” sebut Hero.

Baca Juga :   Detik-Detik Pelantikan Presiden RI Dan Wakil Presiden , Persatuan Kades Kabupaten Bengkalis Menghimbau Masyarakat Untuk Mensukseskan .

“Mudah-mudahan kalau nanti ini sukses, bisa jadi Pemerintah Daerah melaksanakan lagi untuk beberapa pasar yang lainnya,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu pedagang Pasar Muarasabak Barat Rusli Marintan N, kepada awak media mengucapkan terimakasih kepada Disperindag Tanjung Jabung Timur karena telah memberikan timbangan.

“Saya merasakan senang dan berterimakasih karena telah dibantu timbangan digital. Timbangan ini pinjam pakai, setelah tidak berjualan lagi timbangan ini dikembalikan kepada pengelola pasar,” pungkasnya. (ridwan)