FPII Provinsi Sumbar Resmi Terbentuk

Sumbar, (cMczone.com)  – Pengurus Sekretariat Wilayah (Setwil) Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Provinsi Sumatera Barat resmi terbentuk kamis 16/07/2020.

Hadirnya Wadah organisasi pers di sumbar ini diharapkan bisa menjunjung tinggi Undang-undang (UU) No 40 Tahun 1999 tentang kebebasan pers dan dapat membantu insan pers dalam mengatasi masalah bila nantinya ada sengketa terkait hasil karya jurnalis yang saat ini sedang di jajah oleh pihak-pihak tertentu.

Ketua setwil Sumbar terpilih, H.Muman Dt Panduko Rajo mengatakan bahwa banyaknya insan pers yang saat ini dalam membuat karya jurnalisnya selalu di benturkan dengan UU ITE pasal 310,311 yang mana adanya upaya paksa mempidanakan wartawan dengan cara-cara yang sangat bertentangan dengan UU Pers dan hak azasi manusia.

Baca Juga :   Terkait Dugaan Kerusakan Beberapa Bangunan Fisik di Desa Tri Mulya, LSM JPK Desak Inspektorat Untuk Kroscek

Dengan adanya FPII di sumatera barat diharapkan kedepanya dapat memperjuangkan kebebasan per dengan melakukan upaya pembelaan/advokasi yang berkenaan dengan profesi sebagai wartawan di masyarakat luas.

Dengan terbentuk setwil FPII di wilayah sumbar ini bisa memberikan kontribusi yang positif terhadap perkembangan pembangunan Daerah dan sebagai sosial kontrol yang positif kedepanya dan memberi informasi yang benar kepada masyarakat serta meningkatkan kemampuan dalam mengemukakan informasi,pendapat,aspirasi menjadi dalam bentuk sebuah karya jurnalis.
,” ujar muman.

Selain terbentuknya setwil untuk wilayah sumatera barat juga telah terbentuk beberapa korwil untuk kabupaten/kota di sumbar yang diantaranya kota bukit tinggi dan kabupaten agam,kabupaten solok dan kota solok,pasaman barat serta kabupaten pesisir selatan yang saat ini sudah terbentuk, untuk kepengurusan Korwil Fpii di daerah sumbar dan daerah lainya akan menyusul.

Baca Juga :   Tim 1 Srikandi Squad-01 Polres Merangin Tidak Merasa Lelah Patroli Sambang Demi Masyarakat Merangin

Muman berharap semua pengurus dan anggota yang telah ada saat ini agar bisa bekerjasama dengan baik agar semua yang menjadi program kerja FPII setwil sumbar kedepanya bisa dijalankan dengan sesuai yang telah di rencanakan.

Saya juga berharap kedepannya FPII di sumbar ini menjadi garda terdepan dalam membela profesi insan pers dalam menjalankan tugasnya dalam peliputan dan nantinya juga FPII sumbar akan mendirikan kantor di kota padang yang akan menjadi rumah singgah insan pers dari dearah yang akan berkunjung ke kota padang sumatera barat ungkapnya

Ketua Presidium Bunda Kasihhati berpesan kepada pengurus dan semua anggota FPII yang ada di sumbar agar selalu menjaga marwah FPII dan jangan jadikan organisasi untuk tempat mencari uang,jaga solidaritas terhadap sesama jurnalis dan satu komando untuk seluruh pengurus dan anggota FPII tanpa terkecuali ,bermitra dan selalu bersinergi dengan semua lini,tapi jangan pernah mau atau dijadikan alat atau kacung oleh siapapun atau apapun,semoga FPII sukses dan jaya kedepanya dan dapat membela insan pers dalam menjalankan tugasnya.

Baca Juga :   Polsek Patumbak Terus Percepat Vaksinasi

Karena profesi sebagai seorang jurnalis adalah profesi yang sangat mulia dimana sesungguhnya jurnalis sangat berperan besar dalam sebuah perubahan aspek dan kehidupan dan sejarah mencatat kemerdekaan negara indonesia di kumandangkan keseluruh dunia melalui seorang
jurnalis yang berani dan lantang pada saat itu tutupnya.

Sumber FPII Setwil sumbar