Inisiasi Sang Bupati (Ansar), Kini Masyarakat Pulau Sabda Miliki Bandara

Bintan, Kepri (cMczone.com) – Peresmian Bandara Tambelan yang terletak di Kecamatan Tambelan, Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang dilaksanakan pada hari Selasa (4/8/2020), menjadi tapak baru bagi masyarakat Bintan, khususnya Tambelan. 

Untuk diketahui, bahwa Bandara Tambelan yang diinisiasi sejak tahun 2013 oleh H. Ansar Ahmad, SE, MM yang kala itu menjabat sebagai Bupati Bintan baru mulai dibangun tahun 2014 dan selesai serta diresmikan tahun ini.

Bandara Tambelan memiliki landasan pacu 1.200m x 30m dan luas terminal 600m2 dengan jarak tempuh dari kota Kecamatan Tambelan ke Bandara ini kurang lebih 2 km.

Bandara ini akan dikelola oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara melalui Unit Penyelenggara Bandar Udara Kelas III Dabo Satpel Bandar Udara Tambelan.

Baca Juga :   Program Jum'at Barokah rutin dilaksanakan sebagai wujud kehadiran polri di tengah masyarakat

Saat ini seluruh pekerjaan bandara baik dari sisi darat maupun udara telah rampung dan siap dipergunakan sebagai salah satu penunjang alat transportasi udara di Kabupaten Bintan.

Mantan Bupati Bintan yang kini menjabat sebagai anggota Komisi V DPR-RI, H. Ansar Ahmad, SE, MM, kepada wartawan mengatakan, bahwa keberadaan Bandara Tambelan diperlukan dalam rangka meretas keterisolasian wilayah, khususnya di wilayah Tertinggal, Terdepan, Terluar dan Perbatasan (3TP) di Kabupaten Bintan.

Selain itu, jelas Ansar, keberadaan Bandara Tambelan juga untuk melayani dan memudahkan angkutan penumpang dan barang dari dan ke Tambelan.

“Di sisi lain tentu kita ingin Tambelan sebagai salah satu destinasi wisata yang diakui dunia bisa terdongkrak dari sisi kunjungan wisatawannya,” kata Ansar.

Baca Juga :   Perdana, Upacara HUT RI Digelar Pemkab Bintan di Lapangan Sri Bintan Buana Busung

Menurut Ansar, yang kini maju sebagai salah satu calon Gubernur Kepri ini, Pulau Tambelan merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia. Secara geografis, sebelah Utara Tambelan berbatasan dengan Perairan Kecamatan Midai.

Sebelah Selatan berbatasan dengan Selat Karimata, sebelah Barat berbatasan dengan Perairan Laut Cina Selatan dan sebelah Timur berbatasan dengan Perairan Provinsi Kalimantan Barat.

“Potensi pariwisata di Tambelan itu luar biasa. Bagi wisatawan yang menyukai fishing, diving, snorkling dan petualangan laut, Tambelan itu surganya. Potensi bahari di pulau ini sangat menjanjikan. Wisatawan yang ingin berkunjung ke pulau yang dikenal luas dengan sebutan ‘Pulau Sabda’ ini dapat menikmati air laut yang jernih dan karang yang berwarna warni,” tutur Ansar berpromosi.

Baca Juga :   Marlin Agustina: Ciptakan Generasi Qurani yang Siap Mengisi Pembangunan

Editor: Budi Adriansyah | Sumber: Bidang Penggalangan Opini DPD Golkar Provinsi Kepri