Danlantamal IV Resmikan Komunitas Selam Nusantara Provinsi Kepri

Tanjungpinang, Kepri (cMczone.com) – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV, Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, SE, M.Han, meresmikan Komunitas Selam Nusantara Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Peresmian tersebut berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Yos Sudarso, Markas Komando (Mako) Lantamal IV, Jalan Yos Sudarso, No.1, Batu Hitam, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri, Kamis (13/8/2020) pagi.

Kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan di Tanjungpinang, namun juga dilaksanakan oleh Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) di bawah jajaran Lantamal IV, seperti Lanal Batam, Lanal Ranai, Lanal Tanjung Balai Karimun, Lanal Dabo Singkep dan Lanal Tarempa serta club-club selam ikut menyaksikan melalui video conference (vicon).

Baca Juga :   Pimpin Rapat Dengan Produsen Minyak, Kapoldasu : Jangan Ada Penyimpangan Harga Minyak Goreng Curah di Pasar

Acara tersebut diawali dengan doa, kemudian menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, penyerahan secara simbolis peralatan selam dari Gubernur Provinsi Kepri, H. Isdianto, S.Sos, MM, dan Danlantamal IV kepada pengurus. Kemudian sambutan Danlantamal IV, dilanjutkan dengan sambutan Gubernur Provinsi Kepri dan acara ditutup dengan ramah tamah.

“Hari ini kita resmikan Komunitas Selam Nusantara Provinsi Kepulauan Riau, yang bertujuan untuk mengajak seluruh komponen bangsa Indonesia, khususnya para penyelam di wilayah Kepulauan Riau untuk peduli dan kembali ke laut, menyelamatkan terumbu karang sebagai jaminan kelangsungan bangsa,” ujar Danlantamal IV, Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, SE, M.Han.

Indarto mengajak, agar bersama masyakarat mengkampanyekan pentingnya memelihara terumbu karang Indonesia, dan mengimplementasikan program nyata pemerintah terhadap kebijakan strategis Indonesia “Poros Maritim Dunia”.

Baca Juga :   Polsek Singkarak Gulung Lima Pelaku Judi Sabung Ayam di Tikalak

“Serta untuk mengedukasi masyarakat untuk kembali melihat laut, tidak membelakangi laut,” tegas Indarto.

Sementara itu, Gubenur Provinsi Kepri, H. Isdianto, S.Sos, MM, mengapresiasi dengan dibentuknya Komunitas Selam Nusantara Provinsi Kepri, dan berharap dapat dikembangkan dari Kabupaten dan Kota dengan melibatkan Dispora dan Dinas Pariwisata.

“Saya berharap wadah ini dapat mengakomodir bagi para penyelam yang datang ke Kepri, tidak semaunya bisa langsung untuk menyelam dan merusak terumbu karang, tetapi kita dapat menentukan spot-spot mana yang dapat dijadikan wisata bawah air dengan keindahannya, sehingga kita bisa memberikan rasa aman tentunya,” kata Isdianto.

Editor: Budi Adriansyah | Sumber: Dispen Lantamal IV