Danlantamal IV Hadiri Launcing 2 Unit Kapal PC 40 Meter Koarmada

Batam, Kepri (cMczone.com) – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, SE, M.Han, menghadiri acara Shipnaming (penamaan) dan Launcing (peluncuran) pengadaan 2 unit Kapal Patroli Cepat (PC) 40 meter Koarmada, di Galangan Kapal PT. Karimun Anugrah Sejati (KAS), Tanjung Uncang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Senin (24/8/2020).

Pembangunan 2 unit kapal tipe Kapal Perang RI (KRI) ini, dikerjakan oleh putra-putra terbaik bangsa, hal tersebut ditandai  dengan pemberian nama oleh Ketua Umum Jalasenastri, Ny Vero Yudo Margono, yaitu Karontang dan Mata Bongsang

Kemudian peluncuran kapal PC 40 meter Mata Bonsang oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Yudo Margono, SE, MM, dan penandatanganan berita acara antara Kadisadal dan Direktur PT. Karimun Anugrah Sejati yang disaksikan oleh KSAL.

Baca Juga :   Kabupaten Bintan Nominasi Peraih Penghargaan Kota Layak Anak Tingkat Nasional Tahun 2018.

“Pembangunan Kapal Patroli Cepat 40 meter ini merupakan wujud kontribusi TNI Angkatan Laut dalam mendukung kemandirian industri pertahanan dalam negeri, yang pada akhirnya meningkatkan laju perekonomian bangsa dan kesejahteraan rakayat Indonesia, khususnya untuk melewati masa krisis resesi dunia dan kontraksi ekonomi Nasional akibat dari krisis global Covid-19,” jelas KSAL, Laksamana TNI Yudo Margono, SE MM.

Lebih lanjut KSAL menjelaskan, bahwa penamaan dan peluncuran dua kapal PC 40 meter KRI Karotang-872 dan KRI Mata Bongsang-873, nantinya akan memperkuat Satuan Patroli (Satrol) Lantamal X Jayapura dan Satrol Lantamal I Belawan.

Dan harapan KSAL dengan kehadiran kedua kapal ini akan meningkatkan performa tugas-tugas TNI Angkatan Laut di daerahnya.

Baca Juga :   Forum Bela Negara RI Provinsi Jambi Gelar Hut Bela Negara ke 72. Dengan Pemotongan Tumpeng dan tanam pohon

”Kita tunjukkan kepada bangsa lain, bahwa kita mampu berdiri di atas kaki sendiri, sambil terus mengejar segala ketertinggalan yang sudah terjadi selama ini. Bangsa Indonesia harus menjadi bangsa yang kompetitif yang mampu bersaing di pasaran Internasional termasuk industri perkapalan,” tegas KSAL.

Hadir dalam acara tersebut para Pejabat Utama Markas Besar TNI Angkatan Laut (Mabesal), Ppara Pangkotama, Wakil Ketua Umum Jalasenastri Pusat, Ny Wik Ahmd Heri, para Ibu Pejabat Utama, para Ibu Pangkotama, Komisaris dan Direktur PT. Karimun Anugrah Sejati, Franky Sucipto dan Jaki Sucipto.

Sebagai informasi bahwa penamaan Karotang adalah jenis ikan kerapu, besar di wilayah Tanjung Balai Asahan, Provinsi Sumatera Utara, ikan ini sangat jarang ditemui karena hidup di perairan dalam.

Baca Juga :   Forum Pekanbaru Bicara Taja Buka Bersama & Diskusi Publik Minggu 31 Maret 2024

Sedangkan Mata Bongsan merupakan jenis ikan yang hidup pada kedalaman 90-200 meter di Papua, warnanya hitam, matanya besar seperti lampu senter serta memiliki tenaga yang kuat.

Editor: Budi Adriansyah | Sumber: Dispen Lantamal IV