HUT ke-75 TNI-AL: Danlantamal IV Berikan Nasi Tumpeng pada Prajurit Termuda

Tanjungpinang, Kepri (cMczone.com) – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, SE, M.Han, bersama para Pejabat Utama, melalui virtual mengikuti Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 TNI Angkatan Laut (TNI-AL), bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Markas Komando (Mako) Lantamal IV, Jalan Yos Sudarso, Batu Hitam, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (10/9/2020).

Pelaksanaan Upacara HUT Ke-75 TNI-AL ini dilaksanakan di halaman depan Gedung Markas Besar TNI Angkatan Laut (Mabesal) Cilangkap Jakarta Timur. Dan selaku Inspektur Upacara adalah Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Yudo Margono, SE, MM.

Dalam amanat tertulisnya Kasal mengatakan, kendati tahun ini kita merayakan Hari Ulang Tahun ke-75 dengan nuansa dan cara yang berbeda ditengah situasi Pandemi Global Covid-19, Jiwa sebagai prajurit Jalasena tetap berkobar menyongsong masa depan yang lebih baik.

Tema HUT ke-75 TNI Angakatan Laut tahun ini yaitu “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, Kita Siap Mewujudkan TNI Angkatan Laut Yang Profesional, Modern Dan Tangguh Guna Mendukung Indonesia Maju.”

“Salah satu karakter kekuatan Angkatan Laut adalah kekuatan militer yang selalu siap untuk dioperasionalkan (ready force),” ujar KSAL.

Hal ini diwujudkan dalam bentuk kehadiran di laut Naval Presence baik dalam situasi damai, masa krisis dan masa perang. Ketika Ibu Kota Jakarta dilanda kerusuhan 1998, Angkatan Laut meredam para demonstran, ketika KM. Sinar Kudus dibajak di Somalia Angkatan Laut hadir membebaskan sandera.

Baca Juga :   Karyawan Gudang Karet Mandala Ancam Bunuh Wartawan

“Inilah bukti, inilah jawaban, dan inilah amanah Bangsa dan Negara, Angkatan Laut selalu hadir menjadi jawaban, ketika ibu pertiwi memanggil, Angkatan Laut mampu hadir kapanpun dan di mana pun Negara dan rakyat membutuhkan,” tegas KSAL.

Pada upacara tersebut KSAL berkesempatan menyematkan Tanda Kehormatan Satya Lencana Kestian VIII, XIV dan XXIV tahun kepada Prajurit-prajurit terbaik TNI Angkatan Laut yang selama dalam penugasan dinilai baik dan tak bercacat.

Sebelum upacara virtual ini seluruh peserta mengikuti Protokol Kesehatan yaitu rapid test, menggunakan masker dan pengecekan suhu tubuh dengan Thermo Gun.

Usai upacara, dilanjutkan syukuran HUT ke-75 TNI-AL, Danlantamal IV dan Ketua Korcab IV DJA I Ny. Helena Indarto Budiarto, berkesempatan menyerahkan tali asih kepada Warakawuri TNI-AL, kemudian dilanjutkan dengan peniupan lilin dan pemotongan kue tart serta pemotongan nasi tumpeng yang diberikan oleh Danlantamal IV kepada Prajurit termuda Kld Mus Koying.

Baca Juga :   Givo Aldino Kembali Duduk 2 Periode

Editor: Budi Adriansyah | Sumber: Dispen Lantamal IV