Pasca Tanah Longsor, Besok Dinas PUPR Turunkan Alat Berat

Bintan, Kepri (cMczone.com) – Jalan Lintas Timur, Kabupaten Bintan tertutup longsor pasca hujan yang mengguyur sejak Selasa (15/9/2020) kemarin.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Bintan, Agung, menegaskan, bahwa pihaknya langsung turun ke lapangan dan meninjau sejumlah titik akses jalan lokasi tanah longsor yang menghubungkan Kawasan Timur Pulau Bintan tersebut.

“Tadi kita sudah turun dan kita melihat ada 2 titik lokasi longsor di Lintas Barat Lanjutan (Lintas Timur), yaitu 5 KM dan 6 KM dari titikĀ  bundaran,” ungkap Agung, Rabu (16/9/2020).

Dikatakan Agung, bahwa longsoran terjadi disebabkan curah hujan yang tinggi dan lithologynya berupa tanah lempung berpasir, sehingga penambahan bobot massa tanah oleh air hujan menyebabkan terjadinya longsor.

Baca Juga :   Relawan Safari Bersinergi dan Ikhlas dalam melanjutkan Kampanye Dialogis ke Nagari Nagari di 50 Kota

“Rencananya kita akan menurunkan alat berat milik Dinas PUPR Bintan, besok (17/9/2020) untuk melakukan pembenahan dan pembersihan badan jalan. Namun tetap kita melihat situasi cuaca besok, kalau cerah kegiatan bisa dilaksanakan. Tapi kalau hujan akan sangat rawan bekerja, karena pergerakan alat berat dan curah hujan akan dapat terjadinya longsoran, sehingga bisa membahayakan para pekerja nantinya,” ujar Agung.

Untuk sementara waktu ini, lanjut Agung, kita himbau kepada warga untuk sementara waktu untuk tidak melewati jalan tersebut, mengingat cuaca yang sedang tidak mendukung.

Editor: Budi Adriansyah | Sumber: Dinas PUPR Bintan