Ansar: Anak-Anak Muda Kepri Harus Disiapkan Untuk Hadapi Persaingan Global

Karimun, Kepri (cMczone.com) – Era globalisai menuntut generasi muda dan angkatan pekerja untuk mampu menguasai keterampilan dan pengetahuan. Bila tidak, bukan tak mungkin mereka tergilas dalam persaingan global.

Calon Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad, SE, MM, mengatakan, Kepulauan Riau di masa akan datang dihadapkan pada persoalan persaingan global yang kian kuat. Persaingan tidak hanya di bidang ekonomi tetapi juga memperoleh kesempatan kerja.

Oleh karenanya, perlu dipersiapkan secara matang agar bisa memberikan keuntungan bagi putra putri Kepulauan Riau dengan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan lapangan kerja yang berkualitas.

Apabila tidak ditangani dengan baik, maka banyak masyarakat kita hanya jadi penonton ketika lapangan kerja terbuka lebar di depan mata.

Baca Juga :   SPRI Kampar Terbentuk, Amri : Saya Harap Pemda Kampar dan Seluruh Stakholder Bersinergi Dengan DPC SPRI Kampar

Pernyataan Ansar tersebut disampaikannya ketika menggelar silaturahmi dengan masyarakat Desa Pamak, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (22/9/2020).

“Salah satu upaya meningkatkan daya saing tenaga kerja kita adalah dengan pendidikan vokasi. Pendidikan vokasi itu bisa membangun SDM Kepri yang berdaya saing global,” kata mantan Bupati Bintan dua periode ini.

Ansar mengatakan, generasi muda harus dapat mengembangkan potensi diri agar dapat bersaing. Selain itu, pentingnya penguasaan teknologi juga tak kalah penting serta menjaga nasionalisme dan etika.

Lebih lanjut Ansar menuturkan, bahwa kebutuhan industri terhadap tenaga kerja muda, cekatan, dan terampil sangatlah tinggi.

Tak hanya itu, dunia industri juga membutuhkan tenaga kerja dengan sikap dan softskill yang baik, siap dengan perubahan, inovatif serta memiliki daya tahan tinggi.

Baca Juga :   Tangkal Bahaya NORKOBA Babinsa Kratonan Berikan Sosialisasi Kepada Siswa SMP 19 Serengan

“Pilihan anda masuk sekolah vokasi adalah langkah yang tepat untuk mempersiapkan masa depan di era global dan menuju Kepulauan Riau emas yang kita banggakan,” tutur Ansar.

Pendidikan vokasi, lanjut Ansar, merupakan pendidikan yang berorientasi pada keahlian dan kepakaran yang khas serta berkemampuan untuk siap kerja. Dengan demikian, lulusan pendidikan vokasi mampu bersaing secara global karena fokus pada pengembangan keterampilan dan teknologi aplikatif.

Pemerintah Daerah bisa memfasilitasi pendidikan vokasi melalui pendirian D-4 dan S-2 terapan. Langkah tersebut diambil sebagai upaya memberikan saluran bagi lulusan D-3 untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“Keterlibatan Pemerintah Daerah merupakan sebuah keniscayaan yang diperlukan dalam mendorong tumbuhnya pendidikan vokasi ini. Ini harus dimulai sekarang. Kalau tidak, anak-anak muda Kepulauan Riau dikhawatirkan akan kehilangan momentum dan kesempatan,” pungkas Ansar.

Baca Juga :   Pengurus DPW MOI Riau Akan Segera Dilantik

Editor: Budi Adriansyah | Sumber: Bidang Penggalangan Opini DPD Golkar Provinsi Kepri