Menjejaki potensi dan bahan baku souvenir kerang laut di pesisir Batangmata

IMG-20200928-WA0035

KEP SELAYAR-cmczone.com, Memiliki garis pantai berpasir putih sepanjang kurang lebih 670 km dengan luas lautan yang mencapai 9.146,66 km², memposisikan Kabupaten Kepulauan Selayar, pada deretan daerah strategis program pengembangan kawasan destinasi pariwisata dan industri perikanan laut.

Hal ini didasarkan pada tinjauan dan capaian hasil tangkapan perikanan laut, Kabupaten Kepulauan Selayar, yang dalam setahun telah mencapai angka 21.592,50 ton atau sama dengan 68,96 persen. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kepulauan Selayar, Ir. Makkawaru mengakui, dukungan potensi garis pantai dan luas laut yang membentang dari arah utara pintu gerbang Pelabuhan Pamatata, Kecamatan Bontomate’ne, sampai ke pesisir pulau Kalao Toa, Kecamatan Pasilambena, secara otomatis menempatkan Kabupaten Kepulauan Selayar sebagai salah satu daerah yang dikenal dengan kekayaan dan keanekaragaman biota serta potensi sumberdaya perikanan laut.

Kabupaten Kepulauan Selayar juga terbilang, sebagai sebuah daerah yang kaya dengan potensi dan sumberdaya bahan baku souvenir kerang laut. Hal tersebut dibuktikan dari sebaran berbagai jenis kerang laut yang bisa dijumpai di sepanjang wilayah perairan laut, pemilik 132, gugusan pulau kosong dan berpenghuni tersebut.

Keanekaragaman kerang laut, salah satunya bisa dijumpai di wilayah Kelurahan Batangmata, Kecamatan Bontomate’ne. salah satu wilayah kelurahan di sebelah utara ibukota kabupaten berpenduduk, kurang lebih 5.571 jiwa.

(Andi Fadly Dg. Biritta)