Cegah Pungutan Liar, UPP Saber Pungli KKA Sosialisasi pada Masyarakat Jemaja

Anambas, Kepri (cMczone.com) – Dalam upaya pencegahan pungutan liar di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Unit Pemberantasan Pungutan Sapu Bersih Pungutan Liar (UPP Saber Pungli) KKA melaksanakan sosialisasi pada masyarakat di Kecamatan Jemaja Timur, KKA, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (1/10/2020).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor Camat Jemaja Timur dan dipimpin oleh Ketua UPP Saber Pungli, Kompol Yudi Sukmayadi, A.Md, didampingi Sekretaris UPP, Marlina, S.Sos.

Kompol Yudi mengatakan, bahwa tugas Saber Pungli adalah melaksanakan pemberantasan PungliĀ  secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemanfaatan personil satuan kerja serta sarana dan prasana baik yang ada di Pemerintah Kota maupun Pemerintah Daerah.

Baca Juga :   Bintan Lawan Covid-19: Bupati Buat Surat Terbuka Untuk Warga

“Perlu kita ketahui akibat dari adanya Pungli, tatanan masyarakat rusak, menghambat iklim inventasi dan kualitas pembangunan, masyarakat dirugikan, kesenjangan dan masalah sosial, merosotnya wibawa hukum, masyarakat tidak percaya kepada pemerintah, serta citra negatif bagi pemerintah, bangsa dan Negara Indonesia,” papar Kompol Yudi.

Komplek Yudi mengajak untuk memberantas Pungli. Menurut Kompol Yudi, bahwa tujuan sosialisasi ini digelar guna mencegah terjadinya praktik Pungli di dalam tubuh pemerintah, khususnya di instansi dan lembaga pelayanan yang bersentuhan dan termasuk juga di luar tubuh pemerintah.

“UPP mengingatkan, agar dalam melaksanakan tugasnya, dinas-dinas maupun instansi dan lembaga yang bersentuhan langsung melayani masyarakat dapat melaksanakan tugas sesuai dengan aturan dan ketentuan yang ditetapkan dalam memberikan pelayanan dengan baik. Dan masyarakat agar bisa melaporkan apabila ditemukannya praktek pungli,” ujar Kompol Yudi.

Baca Juga :   SP3 Kasus BLBI, Apakah Kemunduran KPK.???

Kompol Yudi menambahkan, bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dilaksanakan dan tentunya semua sudah tahu bahwa Pungli itu sangat dilarang dan melanggar aturan.

“Namun terkadang iman kita yang tidak kuat dan semua itu tidak terlepas dari niat individu kita untuk melakukan kecurangan untuk mengambil keuntungan dengan cara yang salah,” pungkas Kompol Yudi.

Hadir pada kegiatan tersebut, Camat Jemaja Timur, Indra Gunawan S.Hut, Sekcam Jemaja Timur, Edi Simamora, Waka Polsek Jemaja, Ipda Rabul Yamin, Kasi Propam Polres kepulauan Anambas, Ipda Feby Trigunawan, SH, Bhabinkamtibmas Jemaja Timur, Briptu Irwansyah, Kades Bukit Padi, M. Yamin, Kades Kuala Maras, Nefi Rupika, Kades Genting Pulur, Bambang Asmara, Ketua LAM Jemaja Timur, H. Salam jaya, BPD Se-Kecamatan Jemaja Timur dan Tokoh masyarakat.

Baca Juga :   Mantan Ketua Aspermigas, Gugat Rekan Bisnis Atas Dugaan Wanprestasi Pengalihan Saham Senilai 3 Juta Dollar Amerika

Editor: Budi Adriansyah | Sumber: hms Polres Anambas

 

Salam Hormat kami

Humas Polres Kep. Anambas

 

Wassalamualaikum Wr. Wb

 

Twitter : @polres_anambas

Ig : @humaspolresanambas

Fb : Polres Anambas

*Wassalamualaikum Wr. Wb.*