Asrena Danlantamal IV Ikuti Pembacaan Penutupan Taklimat Akhir Wasrik Itjen Kemenhan Tahun 2020

Tanjungpinang, Kepri (cMczone.com) – Asisten Perencana dan Anggaran Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Asrena Danlantamal) IV Tanjungpinang, Letkol Laut (S) Dwiarmanto, ST, M.Ak, M.Tr.Hanla, MM, mengikuti pembacaan taklimat akhir Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) dari Inspektorat Jenderal Kementerian Pertahanan (Itjen Kemenhan) yang berlangsung di Ruang Rapat Markas Komando (Mako) Lantamal IV, Jalan Yos Sudarso, No.1, Batu Hitam, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Jumat siang (27/11/2020).

“Seperti kita ketahui bersama bahwa, Tim Wasrik Itjen Kemhan telah melaksanakan tugas pengawasan dan pemeriksaan di lingkungan Lantamal IV mulai tanggal 23-28 November 2020,” kata Danlantamal IV, Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, SE, M.Han, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asrena Danlantamal IV.

Selama 6 hari, Tim Wasrik telah bekerja dan menghasilkan temuan-temuan yang bermanfaat demi kebaikan jajaran Lantamal IV.

Hasil pemeriksaan yang telah disampaikan oleh Tim Wasrik, akan dijadikan sebagai bahan acuan untuk ditindaklanjuti ke arah perbaikan, sehingga diharapkan dapat mengelola pemanfaatan aset BMN Lantamal IV secara baik dan benar.

Sementara itu, Auditor Madya Itjen Kemhan, Kolonel Arm Tri Setyawan selaku Ketua Tim Wasrik membacakan sambutan Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenhan, Letnan Jenderal TNI Ida Bagus Purwalaksana, S.IP, MM, mengatakan, bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan dokumen dan peninjauan di lapangan, serta hasil konfirmasi dengan staf Lantamal IV, diketahui, bahwa tugas dan tanggungjawab Lantamal IV terhadap aset BMN beragam dan Komplek.

Baca Juga :   FPII Dan Dewan Pers Independen, Mengecam Keras Pembunuhan Wartawan Di Simalungun

“Hal ini mengharuskan Lantamal IV serta jajarannya untuk bertindak cepat dan cermat dalam menyelesaikan permasalahan pemanfaatan aset BMN sesuai pedoman dan ketentuan yang berlaku. Karena aset BMN berupa tanah dan bangunan merupakan salah satu unsur yang penting dalam rangka penyelenggaraan tugas dan fungsi TNI Angkatan Laut, sehingga harus dikelola secara baik, benar dan akuntabel,” jelas Kolonel Arm Tri Setyawan.

Pada realita di lapangan, belum sepenuhnya aset BMN di Lantamal IV dalam kondisi aman dan tertib seperti halnya terdapat beberapa aset BMN berupa tanah yang dikuasai, diklaim dan menjadi obyek sengketa oleh pihak lain.

“Lantamal IV harus melaksanakan program pengamanan aset, berupa pengamanan fisik dan administrasi terhadap seluruh aset di lingkungan Lantamal IV yang berada dalam lingkup  tanggung jawab sesuai daftar inventaris barang,” pungkas Kolonel Arm Tri Setyawan.

Baca Juga :   Tewas Dengan Kepala Luka Menganga, Diduga Korban Pembacokan

Hadir dalam kegiatan tersebut, Tim Wasrik Kemhan, Kolonel Czi Drs. Haposan Sijabat, M,Si, Kolonel Cpl Totok Budhi Sugiarto, SE, Mayor Caj Bambang Sutejo, Kakuwil Letkol Laut (S) Joko Wahyudi, ST, M.Tr.Hanla, MM, CHRMP, Kaakun, Letkol Laut (S) Misge Bhintarama, SE, MM, M.Tr.Hanla, CHRMP, Kadisfaslan Lantamal IV, Mayor Laut (KH) Ahmad Ricky Weleam Hidelilo, ST, MT, Pjs Kadisharkan, Mayor Laut (T) Heldi Gustiar, Kapuskopal Armada I Mayor Laut (K) Benny Wahyudi, Kaprimkopal Lantamal IV, Mayor Marinir Saul Jamlaay.

Editor : Budi Adriansyah | Sumber : Dispen Lantamal IV