DAS Sungai Teluk Dawan Habis di Hantam Perusahaan Sawit, Kelurahan Teluk Dawan Kebagian Banjir

TANJABTIM,(Cmczone.com)- Kelurahan Teluk Dawan merupakan salah satu Kelurahan yang berada di pusat perkantoran Kabupaten Tanjab Timur. Sebagian besar masyarakatnya masih bermukim dibantaran sungai.

Dalam beberapa tahun belakangan ini masyarakat Teluk Dawan terus mengalami kebanjiran hingga memasuki perkarangan rumah. Banjir ini bukan hanya menyebabkan aktivitas masyarakat menjadi terganggu. Namun saat banjir datang rasa ketakutan masyarakat semakin tinggi, mengingat sungai teluk dawan kerap memakan korban dari serangan buaya ganas, Rabu,13/01/2021

Sahroni, ketua Tim Komunitas Lingkungan hijau (TKLH) menjelaskan, bahwa banjir yang terjadi di Kelurahan Teluk Dawan banyak faktor yang menyebabkannya. Selain akibat curah hujan yang tinggi, namun kerusakan lingkungan sekitar juga menjadi penyebabnya seperti habisnya Tumbuhan disepanjang bantaran sungai yang diduga digarap oleh perusahaan nakal, bahkan mereka membangun tanggul sepanjang bantaran sungai tersebut.

Baca Juga :   Terkait AKB, Polsek Bukit Bestari, TNI dan Satpol PP Pantau Masyarakat Berkerumun

“Dalam beberapa bulan ini kami telah menelusuri sungai teluk dawan hingga ke sungai kuala dendang dan sungai keman. Dalam penelusuran ini kami mendapatkan fakta dilapangan bahwa, banyak anak sungai yang buntu dan menyempit, sehingga tidak ada lagi kantong-kantong air yang cukup untuk menampung air tersebut, sehingga meluap ke pemukiman masyarakat,”Jelas Roni.

Lanjutnya, Selain Faktor diatas, pihaknya juga menemukan fakta dilapangan bahwa ada beberapa perusahaan perkebunan sawit dan kebun pribadi yang membabat habis bantaran sungai atau DAS di disepanjang sungi Teluk Dawan hingga sungai kuala Dendang.

“Saya kira lemahnya pengawasan piah-pihak dalam hal ini instansi yang terkait terhadap perusahaan maupun kebun pribadi masyarakat, yang diduga sengaja menghantam habis Bantaran sungai (DAS) sehingga tidak ada lagi tempat air mengalir, sala satu perusahan yang kami temu kan saat di lokasi, yang diduga PT MPK yang bergerak di bidang perkebunan sawit” Tambahnya.

Baca Juga :   Roby Kurniawan Tutup Kegiatan Karya Bakti Kodim 0315/Bintan di Desa Toapaya

(*)