BIP Adalah Aplikasi Buatan Turki, Akankah BIP Mampu Menyaingi Whatsap ???

Pekanbaru,(cmczone.com)- Aplikasi pesan WhatsApp baru-baru ini membuat beberapa kebijakan privasi terbarunya yang akan berlaku mulai 15 Mei 2021 mendatang.

Setelah pengguna WhatsApp memilih untuk menerima kebijakan privasi tersebut, maka artinya pengguna setuju untuk membagikan sebagian data yang akan digunakan oleh Facebook untuk menampilkan iklan. Sejak adanya pemberitahuan tersebut, banyak pengguna WhatsApp yang memutuskan untuk meninggalkan layanan pesan populer itu dan beralih mencari aplikasi alternatif.

Selain aplikasi Signal dan Telegram, hadir pula BiP yang menjadi pesaing WhatsApp. Aplikasi BiP mendapatkan popularitas mendadak setelah pengguna WhatsApp mulai mencari alternatif pesan yang layak. Namun, tahukah Anda siapa yang menemukan aplikasi BiP?

Baca Juga :   Menteri PPN/Kepala Bappenas Bahas Pembangunan Infrastruktur Bersama Pemprov Kepri

Aplikasi BiP adalah layanan perpesanan asal Turki (Turkcell) yang dikembangkan oleh BiP A.S. sejak 2013. Tercatat, aplikasi BiP sudah diunduh lebih 50 juta lebih pengguna.

Melansir dari Daily Sabah, Rabu (20/1/2021), sekitar 2 juta pengguna per hari telah mengunduh aplikasi BiP selama beberapa hari terakhir.

General Manager Turkcell Erkan Murat mengatakan angka tersebut melampaui jumlah unduhan sebelum 6 Januari 2020, yaitu hari di mana WhatsApp mengumumkan persyaratan privasinya.

“Sekitar 6,4 juta orang telah beralih ke BiP sejak Jumat [8/1/2021]. Dalam lingkungan ini, BiP dipandang sebagai tempat berlindung yang aman. Kami akan berhadapan langsung dengan Telegram sekarang,” kata Erkan seperti dikutip, Rabu (20/1/2021). .

Aplikasi BiP tersedia di ponsel ataupun website yang memungkinkan pengguna dapat melakukan panggilan suara atau video HD dengan maksimal hingga 10 orang. Aplikasi ini juga menyediakan layanan agar pengguna berbagi gambar, video, dan lokasi.

Baca Juga :   Bayi Malang Asal Kampar, Diduga Tak Terlayani BPJS

Bahkan, BiP mengklaim dapat menyediakan fitur terjemahan sebanyak 106 bahasa. Pengguna cukup tulis pesan dalam bahasa lokal dan pesan tersebut akan diterjemahkan secara otomatis ke ponsel teman pengguna.

Bukan hanya dua fitur di atas saja, aplikasi BiP juga memiliki banyak fitur menarik dan menunjang pengguna, simak beberapa contohnya:

– Tentukan tema sesuai dengan suasana hati
Pengguna bisa memilih tema seperti Malam, Biru Malam, Magenta, Oranye, dan Gelap yang sesuai dengan suasana hati pengguna serta mengoptimalkan penggunaan baterai.

– Berbagi foto dan video dengan kualitas HD
Pengguna bisa membagikan momen seperti yang pengguna alami dengan berbagi video dan foto dalam HD.

Baca Juga :   Memberantas Covid-19,Keseriusan Kita

– Obrolan grup
Sama seperti aplikasi layanan perpesanan lainnya, pengguna juga bisa menikmati obrolan grup agar tetap terhubung dengan teman, keluarga, dan kolega. Jika mau, setel pengatur waktu dan grup akan hancur sendiri!

– Berbagi lokasi
Selain itu, pengguna juga bisa memberi tahu orang yang dicintai di mana pengguna berada. Caranya yaitu dengan mengaktifkan berbagi lokasi secara instan dan langsung.

– Prakiraan cuaca
Mungkin ini berbeda dengan aplikasi perpesanan lain, aplikasi BiP menyediakan fitur tambahan mulai dari konten hiburan hingga prakiraan cuaca berdasarkan lokasi pengguna.

Rel/bisnis.com