Wali nagari Pasia Laweh: Bersama Media Nagari Maju

PALUPUH, (cmczone.com)- Dalam rangka menyambut Hari Pers Nasional (HPN) ke 75 wali nagari Pasia Laweh Zul Arfin, S.E M.M Menyelenggarakan kegiatan Jambore Jurnalistik dengan tema “Bersama Media Nagari Maju” di Bumi Perkemahan Tusiang, Nagari Pasie Laweh Kecamatan Palupuh Agam. Sabtu (23/1/2021).

Walinagari Pasia Laweh, Zul Arfin, S.E., M.M., mengatakan bahwa, “Nagari Pasia Laweh akan lebih maju dengan bantuan media, media akan menginformasikan berbagai wisata, kuliner, dan potensi yang terdapat di Nagari Pasia Laweh, yang mana pada akhirnya bertujuan mengatasi pengangguran anak kemenakan.”

Adapun tempat wisata yang terdapat di Pasia Laweh diantaranya ada Pemandian Aia Angek Lubuak Paranggai merupakan objek pertama yang bisa dikunjungi setelah memasuki wilayah Pasia Laweh dan juga terdapat kuliner khas Pasia Laweh yang menggunakan bahan dasar pisang.

Baca Juga :   Lima Dosen Agribisnis UIR Lakukan Pengabdian Masyarakat Terhadap UMKM Se-Kota Pekanbaru “Pelatihan Dan Pengembangan Bisnis UMKM Mandiri” Di LPK Pabrik Cerdas Commit Dan Forum RIAU Cerdas

Riki Hidayat Selaku KORWIL di Forum Pers Independen Indonesia(FPII) mengatakan” Judul yang sangat luar biasa sekali (bersama media nagari maju) ini artinya bahwasanya peranan media dalam memajukan sebuah nagari sangat lah penting selanjutnya keberhasilan suatu nagari dalam memajukan masyarakatnya juga sangat di tentukan oleh peranan media”.

Wartawan yang terlibat dalam Jambore Jurnalistik tidak hanya dari Kabupaten Agam, tetapi juga dari Bukittinggi, Payakumbuh, dan Lima Puluh Kota. Selain itu acara juga dihadiri oleh Bupati Agam terpilih Andri Warman (AWR) beserta Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Agam Fauzan Hutasuhud. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama PWI Agam dengan Wali Nagari Pasia Laweh, masyarakat dan pihak ketiga.

Baca Juga :   Pembangunan Rabat Beton Kelurahan Talang Babat Diduga Tidak Mementingkan Skala Pioritas

IA “Pembangunan yang di buat oleh suatu pemerintahan nagari akan lebih cepat diketahui oleh masyarakat apabila di bantu oleh media, kotrol sosial yang dilakukan oleh media terhadap nagari juga akan membuat suatu nagari itu akan lebih mapan”, tutur Riki.

Bangga dengan nagari pasia laweh karena wali nagarinya beserta perangkatnya sangat menyadari bahwasanya peranan suatu media dalam pembangunan sangat lah strategis sekali.

“Dalam kegiatan ini tidak ada sepersen pun kita menggunakan dana nagari, kita menggunakan dana bantuan dari masyarakat nagari secara gotong-royong, dan pihak ketiga yang tidak mengikat, seperti dari BNI Bukittinggi, Hotel Sultan Bukittinggi, BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Agam, dan lain-lain.” terang wali nagari.

Baca Juga :   44 Tower Dilucurkan Kemenkominfo RI Untuk Pemda Kepsul

Ketua PWI Kabupaten Agam, Mursyidi mengapresiasi dukungan Walinagari Pasia Laweh dalam menyelenggarakan Jambore Jurnalistik, dan ia juga menggambarkan peran penting media sebagaimana yang pernah diucapkan oleh Panglima Perang Prancis Napoleon Banaparte, “Saya lebih takut menghadapi satu pena wartawan daripada seribu bayonet musuh.”

(*)