Kunker di Korem 033/WP, Tim Kemenkopolhukam Monitoring Kebijakan Pengamanan Wilayah Perbatasan Negara di PPKT

Tanjungpinang, Kepri (cMczone.com) – Tim Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) Republik Indonesia (RI) yang dipimpin Asisten Deputi Bidang Koordinasi Wilayah Perbatasan dan Tata Ruang Pertahanan RI, Brigjen TNI Yasid Sulistya, S.Sos, M.Si, melaksanakan kunjungan kerja (kunker) di Komando Resimen Militer (Korem) 033/WP, Rabu (27/1/2021). 

Kunker tersebut dalam rangka memonitoring kebijakan pengamanan wilayah perbatasan negara di Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) khususnya di Pulau Bintan, sinkronisasi pengelolaan tata ruang wilayah dan RTRW Pertahanan serta peran serta TNI dalam penanganan Covid-19 di Wilayah Korem 033/WP.

Kedatangan Tim Kemenkopolhukam di Markas Komando Resimen Militer (Makorem) 033/WP disambut langsung oleh Kasi Intel Kasrem, Kolonel Inf Firalta P Tarigan, didampingi pejabat-pejabat Korem dan Kabalak Aju Korem.

Selanjutnya menerima paparan terkait PPKT dan upaya penanganan Covid-19 di wilayah Korem sebagai implementasi dari Inpres Nomor 6 Tahun 2020 tentang penanganan Covid-19.

Baca Juga :   FPII Korwil Sidrap Ikuti Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-75

Pada kesempatan tersebut, Kolonel Firalta mengucapkan selamat datang kepada Tim Kemenkopolhukam, dilanjutkan paparan yang disampaikan oleh Kasiren Kasrem, Kolonel Inf Dwi Maryanto, mengenai PPKT dan upaya penanganan Covid-19 yang ada di Wilayah Korem 033/WP.

Untuk jumlah seluruh pulau terluar ada 22 pulau, terdiri dari 4 pulau di Wilayah Kodim 0315/Bintan, 3 pulau di Wilayah Kodim 0316/Batam, 2 pulau di Wilayah Kodim 0317/Tanjung Balai Karimun dan 13 pulau di Wilayah Kodim 0318/Natuna.

Ada beberapa pulau di Wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang dikelola oleh pihak asing antara lain Pulau Segayang atau Pulau Anak Petong, Pulau Tunjuk, Pulau Nikoi, Pulau Pangkil Kecil dan Pulau Bawah.

Kemudian terdapat pulau yang tak berpenghuni yaitu Pulau Nipah, untuk Pulau Nipah ditempati dan dijaga oleh personel dari TNI-AL.

Untuk situasi perkembangan Covid-19 di Wilayah Provinsi Kepri berdasarkan update terakhir tanggal 27 Januari 2021 di https://g.co/kgs/Ax5PPP, sebanyak 7.891 kasus dengan rincian 727 pasien dalam perawatan, 6.970 pasien sembuh dan 194 pasien meninggal dunia serta kendala yang dihadapi terkait masih banyaknya masyarakat yang melanggar protokol kesehatan dan upaya yang dilakukan dalam penanganan Covid-19 di Provinsi Kepri.

Baca Juga :   Kapoldasu Tinjau Progres Proyek Nasional Pekerjaan Pembangunan Jalan Tol

Kolonel Dwi mengatakan, bahwa semua upaya melalui kegiatan preventif telah dilakukan mulai sosialisasi protokol kesehatan, gerakan hidup bersih dan sehat, gerakan maskerisasi, menggelar Pam pintu masuk atau keluar wilayah.

“Bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang masuk melalui jalur laut maupun udara wajib menunjukan hasil swab, mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) melalui gugus tugas dalam penyiapan Sarpras kesehatan, membentuk Pospam terpadu sampai dengan monitoring dan evaluasi kegiatan termasuk menggelar apel evaluasi Tiga Pilar,” jelas Kolonel Dwi.

Kolonel Dwi menyampaikan, bahwa secara umum penanganan Covid-19 di Wilayah Provinsi Kepri berjalan baik, aman dan kondusif, berbagai upaya yang telah dilakukan secara bersama-sama dengan seluruh stakeholder ataupun instansi terkait serta semua komponen masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan disiplin masyarakat terhadap protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Baca Juga :   Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi H.Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo Dan Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar gelar Payakumbuh Fashion Show

“Kunci utama dalam penanganan Covid-19 di Provinsi Kepri adalah sinergitas yang terjalin cukup erat antar stakeholder di wilayah Kepri,” ungkap Kolonel Dwi.

Sementara itu, Brigjen Yasid, menyampaikan ucapan terima kasih telah mempresentasikan PPKT dan perkembangan Covid-19 serta upaya penanganan yang telah dilakukan bersama-sama dengan seluruh Instansi dan stakeholder terkait di Wilayah Provinsi Kepri, menurut Brigjen Yasid sudah sangat baik.

“Dengan keikhlasan yang telah dilaksanakan oleh Korem 033/WP dan satuan jajaran. Semoga ke depan lebih sukses dalam mengemban tugas dari Negara kita tercinta. Apa yang dipresentasikan hari ini akan kami bawa sebagai hasil laporan tim kami,” ujar Brigjen Yasid.

Editor : Budi Adriansyah | Sumber : Penrem 033/WP