Satrol Lantamal IV Gelar Latihan VBSS

Bintan, Kepri (cMczone.com) – Satuan Kapal Patroli Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IV (Satrol Lantamal IV) menggelar latihan Visit, Board, Search And Seizure (VBSS). 

Gelaran tersebut berlangsung di Markas Komando (Mako) Lantamal IV dan Perairan Tanjung Uban, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (18/2/2021) lalu.

Latihan tersebut diselenggarakan sejak tanggal 15 sampai dengan 18 Februari 2021 dengan bermacam latihan teknis dan taktis dengan pasukan.

Komandan Satrol (Dansatrol) Lantamal IV, Letkol Laut (P) Arif Prasetyo, SE, selaku Perwira Penyelenggara Latihan VBSS TW I Tahun 2021 mengatakan, bahwa latihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman prosedur dalam kegiatan VBSS bagi Prajurit Satrol Lantamal IV dalam rangka menegakan hukum di Laut.

Baca Juga :   Polres Merangin Siapkan Vaksinasi Mobile di Lokasi Wisata, Menekan Covid-19 dan Mengantisipasi Kerumunan

“Sasaran dari pada latihan ini adalah tercapainya pemahaman tentang teknik dan prosedur pada saat kegiatan VBSS. Kemudian terwujudnya penguasaan keterampilan yang benar, baik secara individu maupun kelompok tentang teknik dan prosedur kegiatan VBSS,” jelas Letkol Arif.

Metode yang digunakan adalah dengan diskusi, demostrasi, drill, latihan jasmani dan gladi lapangan serta sifat latihan satu pihak dikendalikan.

“Materi latihan yang diberikan terdiri dari perencanaan misi, boarding atau cara naik kapal, pertempuran jarak dekat, pergerakan diatas kapal (ship movement), penanganan terhadap tahanan, penyiapan dan pengendalian sekoci,” pungkas Letkol Arif.

Editor : Budi Adriansyah | Sumber : Dispen Lantamal IV