Danlantamal IV Hadiri Acara Shipnaming Kapal AT-8 dan AT-9 serta Launching Kapal AT-9

Batam, Kepri (cMczone.com) – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IV (Danlatamal IV) Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, SE, M.Han, menghadiri acara Shipnaming (penamaan) pengadaan Kapal Angkut Tank 8 dan 9 (AT-8 dan AT-9) dan Launching (peluncuran) pengadaan Kapal AT-9 di Galangan Kapal PT. Bandar Abadi, Jalan Brigjen Katamso, Tanjung Uncang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (3/3/2021).

Pembangunan dua unit kapal tipe Kapal Perang RI (KRI) ini dikerjakan oleh putra-putra terbaik bangsa. Hal tersebut ditandai dengan pemberian nama oleh Ketua Umum Jalasenastri, Ny Vero Yudo Margono, yaitu Teluk Weda dan Teluk Wandoma.

Kemudian peluncuran Kapal AT- 9 oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Yudo Margono, SE, MM, dan penandatanganan Berita Acara antara Kabaranahan Kemhan dan Direktur PT. Bandar Abadi yang disaksikan oleh KSAL, Sekjen Kemhan dan Komisaris PT. Bandar Abadi.

“Pembangunan Kapal Angkut Tank 8 dan 9 ini merupakan wujud kontribusi Kementerian Pertahanan dalam mendukung kemandirian industri pertahanan dalam negeri, yang pada akhirnya meningkatkan laju perekonomian bangsa dan kesejahteraan rakyat Indonesia, khususnya untuk melewati masa krisis resesi dunia dan kontraksi ekonomi Nasional akibat dari krisis global Covid-19,” ujar Sekjen Kemenhan, Marsekal Madya TNI Donny Emawan T, M.D.S, dalam sambutannya.

Di tempat yang sama KSAL dengan tegas mengatakan agar menunjukkan kepada bangsa lain, bahwa kita mampu berdiri diatas kaki sendiri, sambil terus mengejar segala ketertinggalan yang sudah terjadi selama ini.

Baca Juga :   Lewat Fly Over Jalan Sudirman Pagi Ini, Puluhan Motor Ditilang

“Bangsa Indonesia harus menjadi bangsa yang kompetitif yang mampu bersaing di pasaran Internasional termasuk industri perkapalan,” tegas KSAL.

Hadir dalam acara tersebut para Pejabat Utama Mabesal, Pangkoarmada I,  Kadisadal, Kadismatal, Kadislaikmatal, Danguskamla Koarmada I, Ketua Umum Jalasenastri, para Ibu Pejabat Utama, Ketua Daerah Jalasenastri Armada I, Ketua Korcab IV DJA I.

Editor : Budi Adriansyah | Sumber : Dispen Lantamal IV