Soal Labuh Jangkar dan Pariwisata Kepri, Ini Saran Menko LBP pada Ansar Ahmad

Jakarta (cMczone.com) – Gerak cepat Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), H. Ansar Ahmad, SE, MM, terus dilakukan untuk suksesnya program pembangunan.

Hal tersebut terlihat dari gebrakan Ansar Ahmad yang belum ada sebulan memimpin Kepri ini sudah beberapa kementerian yang di lobi untuk memuluskan program pembangunan di daerah yang dipimpinnya.

Hari ini, Rabu (10/3/2021), setelah bertemu sejumlah Dirjen di Kementerian PUPR, Ansar Ahmad bertemu Menteri Koordinasi Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan (LBP), di Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut ikut hadir Penasehat Menteri Bidang Pertahanan dan Keamanan Maritim, Laksamana TNI (Pur) Dr. Marsetio, serta sejumlah Dirjen di lingkungan Kemenko Maritim dan Investasi.

Baca Juga :   Polri: situasi kamtibmas pilkada serentak kondusif

Dalam kesempatan tersebut, LBP mendukung penuh kebijakan penarikan retribusi area labuh jangkar yang diberikan pusat ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri.

“Pak Menko LBP mendukung penuh soal labuh jangkar dikelola Pemprov Kepri. Bahkan kita juga diminta untuk lebih serius bekerja di lapangan agar pemasukkan daerah dari retribusi labuh jangkar lebih maksimal,” ujar Ansar Ahmad pada media seusai pertemuan.

Karena itu, kata Ansar Ahmad, Kemenko Maritim dan Investasi juga segera akan membentuk Satgas Gabungan untuk menertibkan kapal-kapal yang masih berlabuh tambat di perairan Kepri yang tidak berada dalam area labuh jangkar.

“Dengan adanya penertiban Satgas Gabungan kita harapkan seluruh kapal nantinya parkir di area labuh jangkar yang sudah ditetapkan. Dengan demikian pemasukan dari retribusinya bisa kita optimalkan untuk memperbesar pemasukan daerah,” kata Ansar Ahmad.

Baca Juga :   Mendikbud Usulkan Gaji Guru Honorer Setara PNS ' 0 Tahun' Asril : Asal Jangan Cuma Janji ?

Dalam kesempatan yang sama Ansar Ahmad juga menjelaskan tentang dukungan LBP sehubungan rencana Pemprov Kepri yang akan membuka kawasan wisata di Kota Batam dan Kabupaten Bintan bagi wisatawan asing.

Untuk itu LBP memberikan masukan agar gerakan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan lebih digiatkan untuk mendorong bangkitnya pariwisata di Kepri.

Salah satunya tentang vaksinasi bagi pelaku pariwisata serta masyarakat yang tinggal di sekitar daerah wisata.

“Pak Menko LBP juga akan meminta Kementerian Kesehatan untuk bantu penyediaan vaksin di Kepri untuk menunjang aktivasi pariwisata yang akan dibuka,” ujar Ansar Ahmad.

Persoalan Covid-19 di Kepri, kata Ansar Ahmad, terjadi penurunan kasus baru yang sangat signifikan. Bahkan pihaknya optimis, dengan kebijakan pencegahan yang sangat masif yang melibatkan seluruh stakeholder, persoalan Covid-19 bisa ditekan di angka yang paling rendah.

Baca Juga :   Hacked By FRK48

“Intinya kalau kita kerja serius Insha Allah akan berhasil. Persoalan Covid-19 dan program lainnya, kita harus tetap kerja serius untuk meyakinkan masyarakat dalam dan luar negeri bahwa Kepri aman,” ujar Ansar Ahmad.

Dalam kesempatan tersebut juga dibicarakan rencana strategis percepatan pembangunan di Kepri. LBP akan memberikan dukungan percepatan realisasi berbagai proyek infrastruktur strategis dan kebijakan pemulihan ekonomi di Kepri.

“Pak Menko LBP mensupport penuh program-program kita,” pungkas Ansar Ahmad.

Editor : Budi Adriansyah