Ansar Ahmad Dampingi LBP dan Sri Mulyani Resmikan BLE

Batam, Kepri (cMczone.com) – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), H. Ansar Ahmad, SE, MM, mendampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) dan Menteri Keuangan, Sri Mulyani, meresmikan Batam Logistics Ecosystem (BLE), Kamis (18/3/2021) bertempat di Badan Pengusahaan (BP) Batam. 

BLE merupakan upaya Pemerintah Pusat dan daerah untuk menjadikan Kota Batam menjadi lebih kompetitif untuk investasi.

“Saya bersyukur atas perhatian Pemerintah Pusat kepada Kepri. BLE menjadi jawaban untuk mengatasi masalah logistik yang berpuluh tahun tidak bisa berkompetisi dengan negara tetangga. BLE  menjadikan tataan logistik yang lebih baik,” kata Ansar Ahmad.

Baca Juga :   Bupati Kampar H.Catur Sugeng Susanto SH Terima Kunjungan Tanoto Foundation

BLE yang merupakan bagian dari National Logistic Ecosystem (NLE) juga merupakan  wadah untuk mempertemukan komunitas logistik di sektor permintaan dengan komunitas logistik di sektor persediaan. Memfasilitasi importir dan eksportir dengan berbagai fitur logistik dari hulu hingga hilir.

“Saya sangat berharap BLE bisa menjawab kekacauan, ketidakpastian dan ketidakjelasan perizinan dan hal lainnya terkait logistik di Kota Batam,” ujar Ansar Ahmad.

BLE maupun NLE adalah ekosistem. logistik yang menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen internasional  sejak kedatangan sarana pengangkutan hingga barang tiba di gudang, berorientasi pada kerjasama antar instansi pemerintah dan swasta melalui pertukaran data, simplifikasi proses, penghapusan repetisi dan duplilasi serta didukung oleh sistem telnologi informasi yang mencakup seluruh proses logistik.

Baca Juga :   Tim 03 Srikandi squad 01 polres Merangin memberikan himbauan Berdasarkan Peraturan Bupati Merangin No.63 Tahun 2020 dengan menerapkan 6M 

Turut hadir dalam peluncuran BLE tersebut, Menteri  Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Korp Kepolisian Perairan dan Udara Badan Pemeliharaan Keamanan Kepolisian (Kakor Polairud Baharkam) Polri, Irjen Pol Verdianto Bitticaca, Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, H. T.S Arif Fadillah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kepri.

Editor : Budi Adriansyah