Ansar Ahmad : Kemitraan Investor dan UMKM Dorong Pulihnya Ekonomi Kepri 

Batam, Kepri (cMczone.com) – Kemitraan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan para investor yang terdiri dari perusahaan-perusahaan besar merupakan suatu hal yang penting bagi peningkatan kelas UMKM. 

Untuk itu, kemitraan kedua pihak tersebut harus terus dikembangkan dengan prinsip saling menguntungkan hingga dapat berdaya saing di pasar global.

Hal itu yang disampaikan oleh Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad, ketika ditemui seusai menghadiri Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sosial (PKS) Provinsi Kepri yang dilaksanakan di Hotel Sahid, Kota Batam, Provinsi Kepri, Sabtu (27/3/2021).

Menurut Ansar, kerja sama yang baik antara pengusaha-pengusaha besar dengan usaha kecil, khususnya UMKM, merupakan salah satu bagian penting dalam mempercepat pulihnya perekonomian di Kepri.

“Sedapat mungkin para pengusaha-pengusaha ini melakukan investasi dengan melibatkan segenap pihak, semua pihak. Termasuk pengusaha kecil dan yang terpenting lagi adalah bagaimana menciptakan lapangan kerja yaitu masyarakat kita,” harap Ansar.

Baca Juga :   Kuasa Hukum Laporkan BNI Pekanbaru ke OJK Terkait Pendirian ATM Drive Thru BNI Ilegal

Ansar menyampaikan, bahwa pihaknya saat ini menyiapkan berbagai kemudahan untuk meyakinkan para pengusaha dengan cara memberikan perizinan yang cepat, mudah dan murah serta aman untuk kenyamanan setiap investasi yang masuk ke Kepri.

“Para investor silahkan datang ke Kepri. Kita siapkan karpet merah. Kita siapkan berbagai kemudahan,” ujar Ansar.

Dalam kesempatan tersebut, Ansar juga kembali menegaskan tentang pentingnya kerjasama antara investor besar dengan para UMKM agar tercipta hubungan yang saling menguntungkan.

“Membuat pengusaha kecil bisa naik kelas menjadi perusahaan menengah. Dan pengusaha menengah bisa naik investasinya menjadi pengusaha besar. Dan pengusaha besar semakin survive (bertahan),” ujar Ansar.

“Kerjasama itu suatu hal yang mendasar. Bentuk kemitraan tersebut diperlukan agar UMKM bisa tumbuh kompetitif dan turut berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan. Kemitraan UMKM dengan usaha besar ini sangat penting, agar UMKM bisa masuk dalam rantai produksi global, meningkatkan peluang UMKM untuk naik kelas, dan meningkatkan kualitas usaha UMKM menjadi lebih kompetitif,” ujar Ansar.

Baca Juga :   Danlantamal IV Hadiri Penutupan MTQ VIII Provinsi Kepri

Ansar juga berharap kemitraan para pengusaha besar dengan UMKM bisa berlangsung secara berkelanjutan. Ansar meminta jajaran terkait untuk dapat menjamin kemitraan tersebut dapat memberikan kontribusi signifikan bagi pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

“Pertama, kontrak kerja antara UMKM dan usaha besar ini harus berlangsung secara berkelanjutan. Tidak hanya sekali, tapi terus-menerus. Kemudian terus meningkat nilainya serta meningkat pula luas cakupannya sehingga secara signifikan meningkatkan kelas dan daya saing UMKM kita di pasar global,” harap Ansar.

Tidak hanya itu, melalui kemitraan tersebut, Ansar mengharapkan agar UMKM dapat terus belajar dan meningkatkan manajemen dan kualitas produknya sesuai dengan keinginan pasar untuk naik kelas.

“Terus meningkatkan kualitas produk, memperbaiki manajemen, memperbarui desain produk sesuai keinginan pasar, dan bisa memanfaatkan kerja sama kolaborasi dengan usaha-usaha besar ini agar bisa menaikkan kelasnya,” ucap Ansar.

Baca Juga :   KPK Tipikor Hadir di Padang Panjang, "Semoga Pemain Anggaran Ngeper!"

Menurut Ansar, para pengusaha besar tidak boleh hanya mementingkan dirinya sendiri. Harus juga dilihat lingkungan sekitarnya. Apabila ada UMKM, sebisa mungkin harus dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan perusahaan. Pemerintah akan terus berupaya dan membangun ekosistem yang kondusif agar kolaborasi usaha besar dengan UMKM ini menguntungkan dua belah pihak dan terus berkembang,” tutur Ansar.

Terwujudnya kemitraan antara UMKM dengan perusahaan-perusahaan besar tersebut tentu akan menjadi angin segar bagi upaya peningkatan kelas UMKM di Kepri, utamanya di tengah situasi pandemi saat ini.

Oleh sebab itu, Ansar akan terus mengupayakan agar sinergitas antara investor dan UMKM ini bisa terus terealisasi di setiap investasi yang masuk ke Kepri.

Editor : Budi Adriansyah