Ansar Ahmad Resmikan Surau Al-Hakim Kampung Sidomulyo

Tanjungpinang, Kepri (cMczone.com) – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad, mengapresiasi semangat warga RT I/RW 12, Kampung Sidomulyo, Kelurahan Batu 9, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri, dalam membangun Surau Al-Hakim secara swadaya. 

Berdirinya Surau Al-Hakim yang begitu megah, merupakan bukti, bahwa warga Sidomulyo menaruh perhatian besar terhadap keberadaan Masjid dan Surau.

Demikian dikatakan Ansar, ketika meresmikan Surau Al-Hakim yang disejalankan dengan peletakkan batu pertama pembangunan Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) Al-Hakim, Sabtu (10/4/2021).

Menurut Ansar, keberadaan surau dan masjid memegang peranan penting dalam pembangunan umat. Masjid dan surau tidak hanya tempat ibadah dan muamalah, tetapi juga sebagai salah satu sarana dalam kegiatan lain yang bersifat sosial dan edukasi.

Baca Juga :   Kelompok SMB Penyerang Distrik VIII PT WKS Ditangkap Tim Gabungan

“Surau dan masjid juga salah satu tempat penggodokan dan kaderisasi bagi calon pemimpin umat. Surau dan masjid itu laboratorium calon pemimpin. Banyak pemimpin dari semua level yang dilahirkan dari surau dan masjid,” ujar Ansar.

Dijelaskan Ansar, bahwa pemimpin yang lahir dari laboratorium masjid dan surau selalu menggunakan landasan agama dalam bekerja. Mereka selalu menyadari bahwa tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepadanya merupakan sebuah amanah yang nantinya bakal dimintai pertanggungjawaban.

“Karena itu saya berharap, jadikan Surau Al-Hakim untuk laboratorium pembangunan karakter anak-anak di Kampung Sidomulyo ini. Saya yakin, suatu saat Insha Allah, akan lahir pemimpin-pemimpin hebat dari kampung ini,” kata Ansar, yang disambut tepuk tangan meriah masyarakat yang hadir di acara tersebut.

Baca Juga :   Korcab IV DJA I, Bagikan Sembako pada Warakauri, PHL dan Pengurus Masjid di Lingkungan Lantamal IV

Dalam kesempatan itu, Ansar secara pribadi juga membantu Rp 19 juta untuk pembangunan TPQ, ibu-ibu kompang, dan pembinaan remaja Surau Al-Hakim.

Sementara itu Ketua Surau Al-Hakim, Syaparudin, dalam kesempatan yang sama mengatakan, bahwa pembangunan Surau Al-Hakim menghabiskan anggaran kurang lebih Rp 700 juta di lahan wakaf dari H. Farada Harahap seluas kurang lebih 700 meter. Semua anggaran untuk membangun surau tersebut murni dari swadaya masyarakat.

“Bahkan kita juga sudah membeli lahan 4 kapling untuk pembangunan TPQ. Mohon Pak Gubernur untuk secara resmi melakukan peletakkan batu pertama atas pembangunan TPQ Al-Hakim tersebut,” harap Syaparudin.

Masyarakat Kampung Sidomulyo, kata Syaparudin, sangat berterima kasih atas kepedulian Gubernur Kepri terhadap acara tersebut.

Baca Juga :   Tim Polresta Pekanbaru, Tangkap Buronan Tahanan Narkoba yang Kabur Kurang Lebih 3 Bulan Lalu

“Saya dan seluruh warga juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada Pak Gubernur, Haji Ansar Ahmad, SE, MM, yang hari ini genap berusia 57 tahun. Semoga Pak Gubernur sukses dan sehat selalu,” tutup Syaparudin.

Editor : Budi Adriansyah