Ansar Ahmad Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Seligi 2021

Batam (Kepri), cMczone.com – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Seligi 2021 dengan Tema “Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Kita Tingkatkan Sinegritas Polri dengan Instansi Terkait dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman pada Perayaan Idul Fitri 1442 H”, di halaman Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Kepri, Rabu (5/5/2021). 

Dalam apel gelar pasukan tersebut dikuti oleh pasukan TNI, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja, jajaran Dinas Perhubungan (Dishub) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri, serta satu pleton RAPI yang terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan beberapa orang anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kepri.

Turut hadir dalam apel gelar pasukan tersebut Kogabwilhan I Laksamana Madya TNI I Nyoman Gede Ariawan, Kapolda Kepri Inspektur Jenderal Polisi Aris Budiman, Danrem 033 Wira Pratama Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu, Guskamla Armabar, Bakamla, Kajati Kepri, Kepala Kantor Hukum dan HAM wilayah Kepri, Ketua DPRD Kepri serta beberapa pejabat lainnya.

Baca Juga :   Hari Lansia ke-25: TP-PKK Kepri Bagikan Sembako di Bintan 

Dalam apel gelar pasukan tersebut, Ansar membacakan amanat Kapolri yang ditujukan kepada seluruh jajaran terkait dalam pengamanan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah tahun 2021.

Seluruh satuan kepolisian dan instansi terkait diminta memberikan jaminan keamanan dan pelayanan terbaik bagi masyarakat, sehingga dapat menjalankan ibadah puasa ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1442 H dengan aman, nyaman, tertib dan lancar di tengah suasana pandemi Covid-19.

“Dukungan seluruh masyarakat sangat kami butuhkan untuk mewujudkan Provinsi Kepri tetap aman dan kondusif menjelang Hari Raya Idul Fitri 142 H. Kami mengajak TNI, Polri dan stakeholder lainnya mendukung pemerintah dalam pencegahan Covid-19 dengan tidak melakukan mudik,” ujar Ansar seusai memimpin apel gelar pasukan.

Baca Juga :   Pusaran Korupsi Puskesmas Bungku : Hadi Prabowo & Kejati Jambi Desak Kajari Pres Rilis

Dijelaskan Ansar, karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, maka pihaknya meminta aparat TNI, Polri dan instansi terkait agar fokus pada pengamanan utama dalam upaya menekan penyebaran virus Covid-19 di masyarakat.

“Kita juga minta agar fokus pasukan pengamanan ini pada bagaimana mengamankan kebijakan pemerintah terkait larangan mudik,” kata Ansar sambil mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari paparan virus Covid-19.

Sementara itu Kapolda Kepri Irjen Aris Budiman menegaskan, bahwa sebanyak 1.619 personel gabungan Polda Kepri dan instansi terkait dikerahkan dalam Operasi Ketupat Seligi 2021 pada 6-17 Mei 2021 dengan fokus tugas menekan tingkat penyebaran Covid-19.

“Terdapat 896 personel dan 723 petugas dari instansi lain. Kita bekerja sama dalam sebuah sinergitas yang kuat demi keamanan dan kenyamanan masyarakat selama puasa Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 hijriah,” kata Aris.

Baca Juga :   Presiden Jokowi "Tenggelamkan" Susi Pudjiastuti?

Pengamanan dilakukan di penjuru Kepri dengan 3.368 lokasi yang menjadi fokus utama, antara lain di sentra perekonomian, wisata, ibadah dan tempat lain yang dimungkinkan akan menjadi cluster baru Covid-19.

Dalam Operasi Ketupat Seligi, Polda Kepri membangun 54 pos yang terdiri dari pos terpadu, pos pengamanan, pos pelayanan dan pos bergerak.

“Kita akan terus maksimalkan dalam operasi Ketupat Seligi 2021 ini dengan pendekatan yang lebih humanis. Karena kita sangat berharap perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 ini berjalan dengan aman, nyaman dan juga sehat,” pungkas Aris.

Editor : Budi Adriansyah