Saat Tinjau RSKI Pulau Galang, Gubernur Kepri Serahkan 15.000 Masker

Batam (Kepri), cMczone.com – Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang, Kota Batam, hari ini, Kamis (6/5/2021), mendapat kunjungan resmi dari Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad dan rombongan.

Kunjungan orang nomor satu di Kepri ini disambut langsung oleh Kepala RSKI Kolonel Ckm. Dr. dr. Khairul Ihsan Nasution, dan beberapa staf yang sudah bersiaga sejak pagi.

Menurut Khairul, semenjak RSKI Pulau Galang berdiri baru kali ini Gubernur Kepri datang dan meninjau langsung.

“Terima kasih Pak Gubernur atas kunjungannya. Sejak RSKI diresmikan, baru Pak Gubernur Ansar Ahmad yang berkunjung dan meninjau tempat kami ini,” kata Khairul dalam sambutannya.

Dijelaskan Khairul, bahwa RSKI Pulau Galang pernah ditinjau oleh Presiden Joko Widodo pada 1 April 2020. Dalam kunjungan tersebut, Presiden berharap agar RSKI secepatnya diselesaikan dan diresmikan.

Baca Juga :   Satgas Banjir Lantamal IV Kembali Evakuasi Masyarakat Korban Banjir Kota Tanjungpinang

“Karena itu, pada 6 April 2020 RSKI diresmikan penggunaannya oleh Pangkogabwilhan I yang saat itu dijabat oleh Laksamana Madya TNI Yudo Margono,” jelas Khairul.

Masih menurut Khairul, luas lahan keseluruhan RSKI di Pulau Galang mencapai 80 hektar yang diperkuat oleh kekuatan 247 tenaga medis yang terdiri dari relawan, TNI, Polri dan tenaga dokter.

Sampai saat ini RSKI sudah melakukan perawatan sebanyak 13.235 orang. Sementara yang dirawat saat ini mencapai 327 orang sesuai kapasitas kamar yang ada.

Dalam kesempatan tersebut, Khairul  juga memaparkan persoalan yang dihadapi RSKI Pulau Galang dalam melakukan perawatan pasien Covid-19 pada Gubernur. Diantaranya, persoalan ruang ICU sebanyak 20 tempat tidur yang tidak didukung dokter spesialis.

“Pak Gubernur, ingin saya laporkan, bahwa kami kekurangan dokter spesialis yang khusus membantu menangani pasien Covid-19. Kami sangat membutuhkan dokter spesialis paru, spesialis THT dan anastesis,” kata Khairul.

Baca Juga :   In Sochi casino will host the EPT High Rollers amongst

Khairul mengaku, sudah melakukan berbagai upaya termasuk meminta bantuan Pemerintah Kota (Pemko) Batam, namun upayanya belum mendapatkan respon yang positif.

“RSKI ini hebat dipandang di luar, tapi sebenarnya di dalam masih sangat minim daya dukung. Mohon agar kami dibantu Pak Gubernur,” harap Khairul.

Sementara itu Ansar Ahmad, menanggapi hal tersebut sangat appreciated terhadap kerja Kepala RSKI Pulau Galang dan jajarannya. Meski berbagai kesulitan dihadapi, namun RSKI tetap mampu memberikan pelayanan yang terbaik.

“Saya mengapresiasi kerja Pak Khairul Ihsan, para relawan dan seluruh jajaran di RSKI Pulau Galang. Persoalan Covid adalah persoalan negara, karena itu apa pun persoalan RSKI dalam pelayanan pasien Covid, negara harus hadir. Apa-apa yang dibutuhkan RSKI Pulau Galang, Insha Allah sebisanya kita bantu melalui koordinasi dengan pihak-pihak yang terkait,” kata Ansar.

Baca Juga :   Mobil Penumpang Yang Berisi 6 Orang Salah Satunya Balita Umur 5 Tahun, Masuk Parit Dikawasan Wisata Mandeh

Menurut Ansar, harus ada langkah yang serius dan bersama untuk menanggulangi persoalan Covid-19 di Kepri. Karena persoalan Covid-19 di Kepri hari ini akar persoalan tidak hanya datang dari warga Kepri sendiri, tetapi juga dari pihak luar terutama dari Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang masuk melalui Batam.

“Diperlukan keseriusan kita bersama untuk menanggulangi masalah Covid-19 ini. Yakinlah, setiap usaha yang diniati dan dilakukan dengan baik, Insha Allah akan menghasilkan yang baik juga,” ujar Ansar.

Dalam kesempatan tersebut, Ansar Ahmad juga menyerahkan bantuan 15.000 masker untuk RSKI Pulau Galang, serta melakukan peninjauan ke beberapa ruang medis dan asrama para relawan dan tenaga kesehatan.

Editor : Budi Adriansyah